Mohon Doa Restu, Semoga Desa Semen Juara pada Ajang ADWI 2022

Edi Purwanto
Souvenir yang dipamerkan pada saat Menteri Parekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Semen, Rabu (30/6/2022).

BLITAR, iNewsBlitar.id – Desa Semen sedang berjuang mengharumkan nama Kabupaten Blitar di tingkat nasional. Desa yang terletak di Kecamatan Gandusari ini sudah menjalani penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 pada saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Semen, Rabu (29/6/2022) lalu.

“Target kami minimal dapat juara satu 3 dari 7 kategori yang dilombakan. Mohon doa restu masyarakat Kabupaten Blitar,” pinta Suryanto, Ketua Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar dihubungi Jumat (1/7/2022).

Sebagai bahan informasi, Desa Semen sudah masuk 50 besar ADWI 2022. Kompetisi ini diikuti 3.419 desa wisata se Indonesia. Babak pertama diambil 500 besar kemudian diseleksi lagi menjadi 300 besar, 100 besar dan terakhir 50 desa wisata Terbaik Indonesia. Penjurian di lapangan dilakukan pada 30 Juni 2022 lalu untuk menentukan pemenang tingkat nasional. Ada 2 orang juri profesional dan 1 orang juri kehormatan dari BCA.

”Yang kami unggulkan bidang kelembagaan, bidang daya tarik pengunjung, bidang homestay, dan bidang souvenir. Semoga kami bisa lolos sebagai juara umum sehingga mewakili Indonesia menuju ajang Anugerah Desa Wisata Internasional,” lanjutnya.

Ada tiga destinasi yang jadi andalan yakni, Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad, Kucur Watu, dan Puncak Sekawan. Berikut tiga pesona wisata andalan Desa Semen dikutip dari website Desa Semen:

  1. KWE Puspa Jagad

KWE Puspa Jagad yang berada di Dusun Tegalrejo merupakan destinasi utama Desa Semen yang mengusung konsep wisata edukasi. Dikutip dari website Desa Semen, KWE Puspa Jagad menawarkan pemandangan alam yang indah dan menawarkan banyak pilihan wisata.

 

Tidak hanya sekedar menikmati destinasi wisatanya, wisatawan KWE Puspa Jagad akan diajak melihat-lihat sentra peternakan kambing dan sapi perah milik kelompok warga setempat. Wisatawan juga dapat melihat kebun nanas, manggis, pisang tanduk, hingga durian. KWE Puspa Jagad ini dilengkapi dengan camping ground atau bumi perkemahan dan permainan outbound. Lokasi KWE Puspa Jagad tidak jauh dari Kantor Desa Semen.

Objek wisata ini tidak melayani kunjungan perorangan, melainkan kunjungan kelompok. Pihak pengelola hanya memberikan pelayanan apabila wisatawan berjumlah besar alias rombongan.

Pada akhir pekan, antara Jumat sampai Minggu, KWE Puspa Jagad sering dipenuhi orang-orang yang sedang berkemah. Sementara itu, jika sedang tidak ada kegiatan, KWE Puspa Jagad cenderung sepi.

 

2. Puncak Sekawan

Puncak sekawan merupakan salah satu destinasi wisata yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Wisata ini menyediakan berbagai macam pilihan, di antaranya adalah memiliki jalur pendek hiking track yang cocok untuk pendaki pemula, dan keluarga.

Puncak Sekawan juga menyediakan area camping ground yang memiliki tempat yang lapang dengan daya tarik utama pemandangan alam berupa pepohonan pinus, pegunungan dan gumuk. Jalur Puncak Sekawan tidak hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, peseda gunung juga dapat menggunakan jalur untuk cycling.

Terletak di ketinggian 711 Mdpl, Puncak Sekawan menawarkan beberapa spot foto dan pepohonan yang rindang yang nyaman digunakan berteduh atau bersantai. Selain itu juga ada gazebo-gazebo dan hall untuk menambah kenyamanan wisatawan. Dari atas puncaknya, terlihat pemandangan menakjubkan karena dari semua sisi kita bisa melihat beberpa gunung dan gumuk.

 

Dari arah timur kita bisa melihat indahnya pegunungan putri tidur, dari arah utara kita bisa melihat gunung kromasan dan gunung kelud, dari arah barat kita bisa melihat gunung gedang, dan dari arah selatan kita bisa melihat gunung semeru dan gumuk gogoniti. Selain itu kita bisa melihat indahnya sunset dan sunrise dari atas puncak sekawan.

3. Kucur Watu

Kucur Watu adalah salah satu daya tarik wisata di Desa Semen yang terletak di Dusun Dewi Desa Semen Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Di destinasi wisata ini terdapat beberapa daya tarik yaitu antara lain Asram Lemah tulis,air terjun kucur watu , dan kolam dwijo agung. serta destinasi ini memiliki produk berupa olahan jamu traditional yakni jamu Macan Kerah,dan parem

Asram lemah tulis adalah salah satu pura yang di pakai peribadatan umat hindu, di tempat ini terdapat beberapa titik peribadatan yang unik yakni berupa gua untuk melakukan semedi. dan tempat ini sering di gunakan untuk upacara hari besar keagamaan umat hindu. di area ini juga terdapat kolam dwijo agung yang mana kolam ini di pakai untuk upacara bersuci umat hindu.

Air terjun kucur watu adalah air terjun yang kondisinya masih alami dan memiliki air yang sangat jernih yang juga biasa di gunakan masyarakat umat hindu sebagai air suci, dan di sekitar air terjun ini juga terdapat tempat yg digunakan masyarakat setempat untuk memanjat doa sebelum melakukan hajatan.iNewsBlitar

 

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network