Menteri Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Semen

Dipo Ningrat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Rabu (29/6/2022). (Foto:Dian Pendamping Bank Sampah)

BLITAR,iNewsBlitar.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Rabu (29/6/2022) sore, mengunjungi Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kunjungan Menteri Sandiaga Uno dalam rangka mengunjungi Desa Semen yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. 

Pemerintah Desa Semen menyambut Sandiaga yang didampingi Bupati Rini Syarifah dengan menggelar pameran produk unggulan Desa Semen yang dihadirkan pada stan-stan di Kawasan Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad. Ada sekitar 10 stan berisi produk-produk unggulan Desa Wisata Semen.  

Menurut Kemenparekraf, Desa wisata Semen adalah sebuah desa wisata yang menggali kembali seluruh potensi kearifan lokalnya yang dimiliki dari tempo dulu hingga hari ini dan kedepan. Sebagai sebuah inovasi untuk kesejahteraan bersama dengan semangat dan strategi musyawarah mufakat, gotong royong dan kekeluargaan.

 Letak Desa Wisata Semen ini tepat berada di tengah-tengah antara Lereng Gunung Kelud dan Lereng Gunung Kawi, dibelah oleh sungai besar yang bernama Sungai Lekso. Berada di ketinggian 700 Mdpl dengan suhu rata-rata 20 – 29 derajat Celcius, bahkan bisa mencapai 17 derajat Celcius pada saat Musim Kemarau tiba. Adapun Desa Wisata Semen terbagi menjadi 4 Dusun terdiri dari Dusun Tegalrejo, Dusun Semen, Dusun Dewi dan Dusun Parang."Kamis (30/6/2022) akan ada penjurian untuk masuk ke tahap berikutnya," ungkap Siswanto, pendamping Bank Sampah Desa Semen, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Rabu (29/6/2022).

Keberadaan para pendamping Bank Sampah di Desa Semen sangat penting karena termasuk faktor pendukung desa wisata. Desa Semen memiliki dua objek wisata unggulan yakni KWE Puspa Jagad dan Puncak Sekawan. Desa berhawa sejuk ini juga menyediakan homestay dengan harga ramah di kantong.

 KWE Puspa Jagad yang berada di Dusun Tegalrejo merupakan destinasi utama Desa Semen yang mengusung konsep wisata edukasi. Dikutip dari website Desa Semen, KWE Puspa Jagad menawarkan pemandangan alam yang indah dan menawarkan banyak pilihan wisata.

Tidak hanya sekedar menikmati destinasi wisatanya, wisatawan KWE Puspa Jagad akan diajak melihat-lihat sentra peternakan kambing dan sapi perah milik kelompok warga setempat. Wisatawan juga dapat melihat kebun nanas, manggis, pisang tanduk, hingga durian. KWE Puspa Jagad ini dilengkapi dengan camping ground atau bumi perkemahan dan permainan outbound. Lokasi KWE Puspa Jagad tidak jauh dari Kantor Desa Semen.

Sementara Puncak sekawan merupakan salah satu destinasi wisata yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Wisata ini menyediakan berbagai macam pilihan, di antaranya adalah memiliki jalur pendek hiking track yang cocok untuk pendaki pemula, dan keluarga.

Puncak Sekawan juga menyediakan area camping ground yang memiliki tempat yang lapang dengan daya tarik utama pemandangan alam berupa pepohonan pinus, pegunungan dan gumuk. Jalur Puncak Sekawan tidak hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, peseda gunung juga dapat menggunakan jalur untuk cycling.

Terletak di ketinggian 711 Mdpl, Puncak Sekawan menawarkan beberapa spot foto dan pepohonan yang rindang yang nyaman digunakan berteduh atau bersantai. Selain itu juga ada gazebo-gazebo dan hall untuk menambah kenyamanan wisatawan. Dari atas puncaknya, terlihat pemandangan menakjubkan karena dari semua sisi kita bisa melihat beberpa gunung dan gumuk.

Dari arah timur kita bisa melihat indahnya pegunungan putri tidur, dari arah utara kita bisa melihat gunung kromasan dan gunung kelud, dari arah barat kita bisa melihat gunung gedang, dan dari arah selatan kita bisa melihat gunung semeru dan gumuk gogoniti. Selain itu kita bisa melihat indahnya sunset dan sunrise dari atas puncak sekawan.iNewsBlitar

 

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network