get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kode-Kode Sandi Rahasia Soekarno di Penjara Sukamiskin

Senin, 13 Juni 2022 | 03:29 WIB
header img
Presiden RI Soekarno (Foto :IST)

Melihat kondisi adiknya yang kurus dan hitam, sebagai saudara kandung dia juga sedih. Namun perubahan fisik kurus dan hitam yang menurut orang lain sebagai penderitaan, bagi Bung Karno bukan penderitaan. Menjadi kurus dan lebih hitam merupakan cara Bung Karno bertahan hidup di dalam penjara. Dia sengaja membuat kulitnya menjadi hitam dengan bekerja dan bergerak di bawah terik matahari. Tujuannya untuk memanaskan tulang-tulangnya. 

"Sebab di dalam sel tidak ada sinar matahari, lembab, gelap dan dingin," demikian yang tertulis dalam buku "Soekarno Poenja Tjerita, Yang Unik dan Tak Terungkap dari Sejarah Soekarno". Bung Karno tak pernah menyerah. Meski disel bersama para pesakitan kasus korupsi, penyelewengan atau penggelapan, dia terus memutar akal bagaimana bisa berkomunikasi dengan dunia luar. 

Dia berusaha mengetahui perkembangan pergerakan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Bung Karno memanfaatkan kehadiran Bu Wardoyo dan Inggit Garnasih, istrinya yang rutin membesuk.  Terutama Inggit Garnasih yang memasok seluruh kebutuhan hidup Bung Karno selama sang Proklamator itu mendekam di penjara. Dibantu Bu Wardoyo, Inggit kerap mengirim makanan ke dalam penjara.  Saat itu, telur menjadi sandi rahasia antara Bung Karno dengan Inggit.

Telur yang dibawa sebagai lauk makanan dipakai untuk mengabarkan situasi yang terjadi di luar. "Bila Inggit mengirim telur asin, artinya di luar ada kejadian buruk yang menimpa rekan-rekan Bung Karno".  Sandi itu terus dikembangkan. Agar diperoleh informasi lebih detail, Bung Karno dan Inggit menggunakan tanda berupa tusukan lembut pada permukaan cangkang telur yang dikirim bersama makanan. 
 

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut