get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kode-Kode Sandi Rahasia Soekarno di Penjara Sukamiskin

Senin, 13 Juni 2022 | 03:29 WIB
header img
Presiden RI Soekarno (Foto :IST)

Satu tusukan berarti semua kabar baik. Dua tusukan artinya seorang kawan ditangkap dan tiga tusukan berarti telah terjadi penyergapan besar-besaran terhadap para aktivis pergerakan kemerdekaan. Di kesempatan lain, Bung Karno dan Inggit Garnasih memakai Alquran dan buku agama. Inggit yang berkunjung ke penjara dua kali dalam sepekan diijinkan membawa buku agama dan Alquran.  Sandi dirupakan tusukan kecil di bawah huruf-huruf yang menjadi semacam aksara braille. Sebelum membaca pesan itu Bung Karno lebih dulu membuka halaman dan mencari surat Alquran sesuai tanggal besuk yang dilakukan.    

Sementara Bu Wardoyo memilih menggunakan sandi dengan cara lebih sederhana. Untuk menyampaikan informasi penting kepada Bung Karno, ia memakai bahasa tubuh, seperti menarik telinga, menyilangkan jari, mengedipkan mata, menggerakkan satu tangan, hingga menggerakan bagian muka. Bung Karno memahami makna dari semua kode yang disampaikan kakak kandungnya.  

Berbagai sumber sejarah menuliskan, Bung Karno menjalani persidangan selama 19 kali dan akhirnya divonis 4 tahun penjara. Perkara Bung Karno sempat naik banding ke Pengadilan Tinggi (Rand Van Justitie). Namun, vonis 4 tahun penjara tetap tidak berubah. Adanya kritik dan protes dari para ahli hukum di negeri Belanda yang kemudian memaksa Gubernur Jenderal Hindia Belanda memangkas hukuman menjadi 2 tahun penjara. Bung Karno menghirup udara bebas pada 31 Desember 1931 dan pada 17 Agustus 1945, bersama Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Pegangsaan Timur Jakarta. Presiden pertama RI yang lahir 6 Juni 1901 itu wafat pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur .  
 

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut