get app
inews
Aa Read Next : Catat, Ini Penting! Dana Peserta BPJS Ketenagakerjaan Diinvestasikan ke 13 BUMN Ini

Mengalami Stres Akibat Pekerjaan ? Lakukan 6 Tips Berikut Ini

Selasa, 01 Maret 2022 | 16:22 WIB
header img
Hindari stres karena kerja. Sumber okezone

Blitar, iNewsBlitar- Seorang pekerja harus bisa menikmati pekerjaan yang dilakoninya. Dengan menikmati pekerjaan maka seseorang akan terhindar dari rasa stres.
Banyak pemicu stres akibat pekerjaan. Salah satunya adalah waktu yang minim atau tuntutan dari pekerjaan itu sendiri. Stres akibat pekerjaan akan membuat kerjaan menjadi kacau atau berantakan. Oleh karena itu perlu dilakukan perencaan yang matang untuk menghindari rasa stres akibak pekerjaan.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada beberapa tips kerja cerdas agar minim stres. Mulai dari perencanaan matang, hingga sempatkan waktu untuk refreshing. “Rahasia kerja cerdas minim stres. Apa aja sih poinnya? Rekanaker punya jawaban sendiri?” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, dikutip Selasa (1/3/2022).

Berikut beberapa tips kerja cerdas agar minim stres:

1. Punya perencanaan matang.
Perencaan yang matang akan mempermudah mengetahui kesulitan yang mungkin terjadi. Dengan perencanaan yang matang pekerja akan bisa memprediksi kesempatan dan kesulitan dalam pekerjaannya.

2. Orientasikan pada proses, bukan tujuan semata.
Orientasi dalam sebuah pekerjaan juga perlu dilakukan. Hal ini untuk mengetahui kondisi, suasana saat di lapangan tempat kita bekerja.

3. Hindari multitasking yang berlebih.
Pekerjaan tentunya harus dilakukan sampai selesai. Jangan mengerjakan pekejaan ganda secara berlebih. Hal ini akan membuat tenaga kita terpecah ke berbagai pekerjaan. Lakukan perkerjaan sampai selesai dan fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan.

4. Bikin daftar kegiatan yang akan dilakukan dalam seminggu.
Daftar kegiatan membantu kita untuk mengatur waktu dengan tepat. Perlu diingat karena waktu sangat berharga, maka pergunakan dengan baik.

5.Seimbangkan dengan istirahat yang cukup.
Selaknya orang bekerja, tentu istirahat itu perlu. Istirahat merupakan cara untuk mengembalikan energi setelah melakukan sebuah pekerjaan. Dengan istirahat kita juga menjaga kesehatan diri sendiri.

6. Sempatkan waktu untuk refreshing di akhir pekan.
Refreshing menjadi obat kala kita lelah dalam pekerjaan. Maka refreshing layak untuk dilakukan agar tidak jenuh dalam bekerja.

Mungkin itu tips dalam bekerja agar terhindar dari rasa stres. Hargai diri anda lakukan pekerjaan dengan profesional. Nikmati pekerjaan anda, agar anda merasa nyaman dalam bekerja.



 

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut