get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Blitar 2024, Ini Tawaran Pemberantasan Korupsi Ala Galih Saksana

Pilkada 2024, Nasdem Siapkan Kader Untuk Bacawabup Blitar

Selasa, 30 April 2024 | 15:46 WIB
header img
Pilkada 2024, Nasdem Siapkan Kader Untuk Bacawabup Blitar. Tampak Ketua Nasdem Kabupaten Blitar Nurhadi. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Partai Nasdem Kabupaten Blitar Jawa Timur telah menyiapkan kader untuk maju sebagai bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Blitar pada Pilkada 2024.

Selain memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas yang bagus, kriteria bakal calon wakil bupati Blitar dari Nasdem juga harus mumpuni soal finansial.

Ketua Nasdem Kabupaten Blitar Nurhadi mengatakan, sedikitnya sudah ada  dua kader partai yang telah mengisyaratkan minatnya untuk maju di Pilkada 2024.

“Sudah ada satu dua kader yang berminat. Yang tidak kalah penting juga harus  jer basuki mowo bea,” ujar Nurhadi di sela acara nonton bareng (nobar) semi final Piala Asia U-23 Indonesia melawan Uzbekistan di Kantor Nasdem Kabupaten Blitar Senin malam (29/4/2024).

Dibanding sejumlah daerah di Jawa Timur, dinamika politik Pilkada 2024 di Kabupaten Blitar diketahui relatif kalem. Saat ini yang sudah terang-terangan menyatakan maju Pilkada 2024 adalah Bupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini.

Sementara nama lain seperti Ketua Bappilu Partai Gerindra Adib Zamhari, mantan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, maupun pengusaha kaya Haji Becky masih sebatas wacana.

Nurhadi melihat situasi politik Pilkada 2024 masih dinamis. Konstelasi politik di Kabupaten Blitar masih bisa berubah setiap saat. Ia juga menyinggung kemungkinan koalisi Pilkada 2024 yang linier dengan pusat.

Koalisi yang ada bisa berubah mengingat Ketua Umum Nasdem Surya Paloh telah menyatakan bergabung dengan pasangan Prabowo-Gibran. Karenanya, yang ia lakukan saat ini, kata Nurhadi masih sebatas melakukan penjajakan.

Ia mengaku tidak berhenti melakukan komunikasi politik lintas partai politik dan sejauh ini pihaknya juga belum mendapat arahan apapun dari DPP Nasdem.

“Hanya saja siapa saja partainya yang diajak komunikasi, maaf saya tidak bisa menyebutkan,” terang Nurhadi.   

Kenapa hanya mengincar posisi bakal calon wakil bupati? Nurhadi mengatakan dirinya berusaha bersikap rasional dan tahu diri. Partai Nasdem dalam Pileg 2024 hanya memiliki 3 kursi di DPRD Kabupaten Blitar.

Soal posisi bakal calon wakil bupati itu, Nurhadi menegaskan telah disiapkan kader, dan itu dipastikan bukan dirinya. Menurut dia, skema politik bisa berubah ketika di tengah jalan Nasdem berpeluang mencalonkan bupati.

Nurhadi yang pada Pileg 2024 kembali terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil 6 Jatim, menyatakan dirinya tidak tertutup kemungkinan maju jika ada peluang bakal calon bupati.

“Namun yang pasti Nasdem akan mendukung pasangan kepala daerah yang menang,” pungkasnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut