Logo Network
Network

Muncul Nama Hengky Kurniawan di Pilkada Blitar 2024, Ini Profilnya

Arif
.
Selasa, 26 Maret 2024 | 21:41 WIB
Muncul Nama Hengky Kurniawan di Pilkada Blitar 2024, Ini Profilnya
Muncul Nama Hengky Kurniawan di Pilkada Blitar 2024, Ini Profilnya. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Dinamika politik Pilkada Kabupaten Blitar 2024 mulai menggeliat. Bupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini belum lama ini menyatakan siap maju kembali.

Mak Rini yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar sudah berani terang-terangan mengungkapkan hasrat politiknya.

Selain Mak Rini, sejumlah nama bakal calon bupati Blitar mulai ramai diperbincangkan di media sosial. Salah satu nama yang cukup mengejutkan bursa politik adalah nama Hengky Kurniawan, politisi PDI Perjuangan (PDIP).

Hengky Kurniawan diketahui pernah menjabat Bupati Bandung Barat pada sisa masa jabatan 2018-2023. Hengky merupakan putra daerah asli Blitar yang sebelum terjun ke politik lebih dikenal sebagai publik figur berlatar belakang artis.

Pada Pilkada 2024 ini Hengky dikabarkan pulang kampung untuk ikut berkontestasi. Jika itu benar, kehadiran Hengky Kurniawan akan menjadi angin segar bagi perubahan Kabupaten Blitar yang lebih baik.

Berikut profil Hengky Kurniawan:

Hengky Kurniawan Chova lahir di Blitar 21 Oktober 1982. Mengawali karir di dunia entertainment pada tahun 2002 di Jakarta, putra pasangan Leo Medhi Purwanto dan Rita Suprihatin itu kemudian banting setir ke jalur politik.

Pada tahun 2018 Hengky yang memiliki riwayat pendidikan ilmu politik tercatat sebagai anggota Partai Demokrat. Sebelum itu ia pernah belajar politik di Partai Amanat Nasional (PAN).

Karir politik Hengky melenting tinggi setelah memenangkan Pilkada Bandung Barat pada 21 September 2018. Ia terpilih sebagai Wakil Bupati Bandung Barat mendampingi Bupati Aa Umbara. Dari Partai Demokrat, setahun kemudian ia meloncat menjadi kader PDIP.

Hengky naik menjadi Bupati Bandung Barat mulai 7 November 2022 menggantikan Aa Umbara yang kesandung kasus korupsi. Pada Pileg 2024 ini, Hengky maju sebagai caleg DPR RI dapil Jawa Barat 2.

Sayang ia belum beruntung. Perolehan suara Hengky Kurniawan masih kalah dari komedian Denny Cagur, rekan separtainya. Informasi yang dihimpun,  Hengky Kurniawan telah menyiapkan diri untuk pulang kampung (Blitar).

Suara-suara yang berhembus, ia berminat berkontestasi di Pilkada Kabupaten Blitar 2024. Tidak heran, politisi muda yang namanya bersinar di Bandung Barat itu diketahui beberapa kali pulang ke Blitar.

Informasi yang dihimpun iNewsBlitar, pada Senin (25/3/2024) Hengky berada di Blitar untuk agenda silaturahmi. Bersamaan dengan itu, nama dan foto Hengky banyak menghiasi media sosial, khususnya di grup WA.

Entah siapa yang membuat. Salah satunya adalah foto Hengky berpasangan dengan Adib Zamhari, politisi Partai Gerindra Kabupaten Blitar. Adib merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Blitar (2019-2024) dari Fraksi PKB.

Adanya kemelut politik di internal PKB mendorong Adib di tengah jalan mundur dari legislatif. Tidak berlangsung lama ia memutuskan berlabuh ke Partai Gerindra.

Meski Pilkada 2024 serentak baru digelar bulan November, munculnya nama Hengky Kurniawan telah menjadi harapan baru perubahan Kabupaten Blitar lebih baik.

“Banyak yang berharap Mas Hengky (Hengky Kurniawan) benar-benar maju Pilkada Kabupaten Blitar tahun 2024 ini,” tutur Prasetyo.  

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini