get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Tulungagung 2024, Membaca Peluang Mbah Pucung Kejatuhan Pulung PDIP

Pilkada Tulungagung, Ini Rekam Jejak Sosok Kasil Rokhmat Pengganti Mas Dokter Pri

Senin, 04 Maret 2024 | 13:09 WIB
header img
Pilkada Tulungagung, Ini Rekam Jejak Sosok Kasil Rokhmat Pengganti Mas Dokter Pri. (foto:ist)

TULUNGAGUNG, iNewsBlitar - Dokter Kasil Rokhmat disebut-sebut diproyeksikan menggantikan dr Supriyanto Dharmoredjo dalam kontestasi Pilkada Tulungagung 2024.

Baliho Kasil Rokhmat yang terbranding dengan narasi “Kang Kasil Siap Melanjutkan Mas Dokter Pri” mulai bertebaran di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Mas Dokter Pri merupakan nama personal branding dokter Supriyanto yang sejak awal diketahui berniat maju sebagai calon bupati dalam Pilkada Tulungagung 2024.

Saat ini Kasil diketahui telah ditunjuk sebagai Plt Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung menggantikan Supriyanto yang menjabat Dirut RSCM Jakarta. Kasil juga merangkap sebagai Kepala Dinas Kesehatan.

Lantas siapa sosok Kasil Rokhmat yang mulai dibranding sebagai pengganti Mas Dokter Pri?

Sebelum menjabat sebagai Plt Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, Kasil diketahui menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Pelayanan.

Dikutip dari laman rsud.tulungaggung.go.id, Kasil Rokhmat lahir di Tulungagung pada 13 April 1968.

Ia menempuh pendidikan S1 dokter umum di Universitas Brawijaya Malang. Kemudian S2 nya tentang Manajemen Rumah Sakit juga ditempuh di Unibraw Malang.

Kasil yang memiliki 4 anak dan 3 anak angkat memiliki latar belakang organisasi cukup panjang. Ia aktif di MUI sekaligus pengurus GP Ansor NU Tulungagung, yakni Koordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Kasil Rokhmat juga menjabat sebagai Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Tulungagung periode 2013-2019. Jejak organisasi Kasil juga terlihat di PCNU Tulungagung.

Ia menjabat sebagai Ketua Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) periode 2018-2022. Kasil juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) serta Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulungagung.

Informasi yang dihimpun di lingkungan RSUD dr Iskak Tulungagung, Supriyanto dipastikan tidak akan melanjutkan kontestasi Pilkada Tulungagung 2024. Selain alasan memilih Dirut RSCM Jakarta, ada faktor lain yang mengganjalnya.

“Dipastikan dokter Supriyanto tidak akan melanjutkan kontestasi pilkada Tulungagung 2024, penggantinya dokter Kasil,” tutur salah satu sumber di RSUD dr Iskak yang enggan disebut nama.

Sementara Kasil Rokhmat dalam keterangannya pada awak media belum lama ini membenarkan dirinya melanjutkan jejak Supriyanto sebagai direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, yakni khususnya PSC.

Terkait Pilkada Tulungagung 2024, ia mengatakan semakin banyak kandidat dalam kontestasi maka akan semakin baik. “Intinya semakin banyak calon pemimpin yang terlibat dalam proses demokrasi, semakin baik,” tuturnya.

Kasil Rokhmat juga menyinggung soal syarat pencalonan yang merupakan wewenang partai politik atau gabungan partai politik. Sebagai warga negara, dirinya memiliki hak untuk dipilih dan memilih.

Sementara Sutopo, salah seorang warga Kecamatan Besuki yang berada di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung mengaku tidak tahu kalau Mas Dokter Pri dipastikan tidak mencalonkan diri dalam Pilkada 2024.

Jika hal itu benar adanya, ia menyayangkan mengingat popularitas nama Supriyanto di kawasan selatan Tulungagung tergolong bagus. Terkait nama Kasil Rokhmad yang akan menggantikan, Sutopo mengatakan banyak yang belum tahu.

“Sayang sekali kalau mas dokter Pri tidak jadi maju. Kalau memang diganti, apakah penggantinya juga mampu seperti mas dokter,” tuturnya.  

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut