get app
inews
Aa Read Next : Jadwal World Superbike (WSBK) 2022, Sirkuit Mandalika Kebagian di 11-13 November

Ini Harapan Pemerintah, Dampak MotoGP Mandalika untuk Indonesia

Kamis, 10 Februari 2022 | 17:00 WIB
header img
Penyelenggaraan MotoGP Mandalika diharapkan bisa berdampak positif bagi Pemerintah Indonesia (Sumber/Okezone.com)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati berharap ajang MotoGP Mandalika mampu berdampak positif bagi Indonesia ke depannya.

 

Adapun harapannya, seperti membantu pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan potensi pariwisata, memajukan ekosistem olahraga balap motor. MotoGp sekaligus menjadi momentum kebanggaan Indonesia dan semangat untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

 

"Dengan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini, kita dapat memperkuat nation branding Indonesia sebagai negara yang resilient di tengah krisis pandemi global," katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.

 

MotoGP Mandalika resmi menggunakan nama Pertamina Grand Prix of Indonesia. Ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial untuk olahraga sepeda motor MotoGP.

 

Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta (secara online), serta disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.

 

Nicke juga berharap sinergi dari perusahaan pelat merah dalam penyelenggaraan MotoGP bisa memberikan efek ganda, sekaligus peluang penetrasi pasar global yang luas bagi Pertamina, produk-produk BUMN maupun UMKM yang berada di Mandalika maupun daerah lain.

 

Managing Director Dorna Sport Carlos Ezpeleta mengaku bahagia atas keterlibatan Pertamina sebagai pendukung utama grand prix di Indonesia. Menurutnya, kerja sama ini memperkuat kehadiran Pertamina dan Indonesia dalam ajang tersebut. Selain menjadi pendukung utama Sirkuit Mandalika, juga sebelumnya mendukung tim SAG? World Championship.

 

"Kami bangga mengumumkan kesepakatan kerja sama untuk gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia dan memastikan Pertamina, Indonesia, Pulau Lombok terdepan menjadi pusat perhatian di panggung internasional," ucapnya.

 

Sementara, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo sejak awal mendorong penyelenggaraan acara-acara internasional di Indonesia, seperti Asian Games, World Superbike, hingga MotoGP.

 

Ia juga mengapresiasi keseriusan yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) yang terus berjuang untuk menyukseskan olahraga tersebut.

 

"Apresiasi tinggi kepada Pertamina yang memang sekarang kami terus dorong sebagai perusahaan global. Kami punya target Pertamina mempunyai valuasi yang sangat besar 100 miliar dolar AS," ujar Erick.

 

Nantinya, Pertamina akan menghadirkan keseruan ajang MotoGP untuk warga Jakarta melalui Mandalika GP Hub di oval atrium Epicentrum Walk, Kuningan.

Acara ini akan digelar mulai 10 Februari hingga 30 Maret 2022 dengan pelayanan dan konten-konten seru, seperti penjualan tiket, merchandise, permainan seru, hingga pameran budaya Lombok.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut