get app
inews
Aa Read Next : Kisah Reaksi Soeharto saat Diminta Tak Maju lagi sebagai Presiden di Pemilu 1988

Tumpas Kelor, Siasat Berani Soeharto Menghabisi G30S PKI

Minggu, 01 Oktober 2023 | 13:03 WIB
header img
Tumpas kelor, siasat berani Soeharto menghabisi G30S PKI. (foto/ist)

JAKARTA, iNewsBlitarTumpas kelor menjadi cara Soeharto menghabisi Partai Komunis Indonesia (PKI) sampai ke akar-akarnya.

Langkah yang diambil Soeharto membuat PKI hancur lebur, yakni tidak hanya secara organisasi, gerakan, tapi secara keseluruhan mulai pimpinan, kader hingga simpatisan.

Tumpas kelor diawali dengan memadamkan Gerakan 30 September 1965 secara cepat. Gerakan Dewan Revolusi yang dipimpin Letkol Untung Sutopo, yakni untuk menghabisi perwira tinggi Angkatan Darat, dibuat tidak berkutik.

Dipimpin oleh Sarwo Edhie Wibowo, RPKAD berhasil merebut kembali tempat-tempat strategis, termasuk Radio Republik Indonesia (RRI).

Pasukan RPKAD juga berhasil menemukan jenazah sejumlah perwira tinggi Angkatan Darat yang disembunyikan di sumur Lubang Buaya.  

Dilansir dari buku The Smilling General (1970), Soeharto cepat mengambil langkah sehingga pasukan Gerakan 30 September 1965 tidak mampu meluas ke mana-mana. Berikut langkah Soeharto menangani Gerakan 30 September 1965 atau G30S PKI.

1.Mengambil Alih Pimpinan Militer

Pada 1 Oktober 1965, Soeharto terbangun pukul 06.00 Wib setelah diberi tahu tetangganya sesuatu aneh telah terjadi pada 30 September 1965.

Saat itu juga ia bergegas mendatangi markas Kostrad dan mendapatkan informasi awal terkait adanya Gerakan 30 September 1965.

Soeharto juga menerima laporan Jenderal A.Yani tidak diketahui keberadaanya. Karenanya, ia langsung mengambil alih posisi pimpinan. Sesuai peraturan yang berlaku di kemiliteran, Soeharto mengambil alih posisi komandan.

“Para perwira saya mengatakan supaya mengambil pimpinan karena saya tinggal saya satu-satunya perwira lapangan yang bisa bertindak untuk itu. Sebelumnya saya pernah ditunjuk sebagai pejabat komandan angkatan darat ketika Jenderal Yani tidak ada di tempat,” kata Soeharto.       

2. Memastikan Gerakan 30 September 1965 Kup Ekstrim Kiri

Pada pukul 7.20 Wib Letkol Untung Sutopo selaku komandan Dewan Revolusi melakukan siaran di RRI.

Setelah menganalisa atas informasi yang diterima, Soeharto berkeyakinan Gerakan 30 September 1965 oleh Dewan Revolusi adalah upaya Kup atau kudeta yang dilakukan golongan ekstrim kiri.

Apalagi ia sudah lama mengenal Letkol Untung sebagai perwira yang dari dulu condong ke kiri.

“Karena saya tahu bahwa Untung adalah seorang penganut ideologi radikal kiri, maka jelas bagi saya bahwa Dewan Revolusi itu dan Gerakan 30 September adalah kup dari golongan ekstrim kiri”.

3.Memastikan Kesetiaan AD, AU, AL dan Polisi

Sebelum bergerak, Soeharto lebih dulu memastikan kesetiaan dan ketidaksetiaan pasukan di lingkungan Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Polisi, yakni terutama pasukan di Jakarta.

Sebisa mungkin Soeharto melakukan koordinasi dengan para perwira di masing-masing matra. Setelah itu ia memerintahkan semua pasukan yang loyal kepadanya untuk siap tempur, tapi tetap tinggal di tempat.

“Saya ingin menghindarkan pertumpahan darah antara mereka dengan tentara yang di bawa ke jalan yang sesat oleh beberapa unsur yang tidak bertanggung jawab”.

4. Memastikan Keselamatan Presiden Soekarno   

Pada 1 Oktober 1965, Mayjen Soeharto sebelum menggerakkan pasukannya sempat berkomunikasi dengan Presiden Soekarno atau Bung Karno. Soeharto berusaha memastikan keselamatan Bung Karno termasuk keberadaannya.

Pada pukul 10.00 Wib, Soekarno memberitahu Soeharto kalau dirinya selamat dan berada di suatu tempat di Jakarta. Meski tidak diberitahu, Soeharto bisa menerka dengan tepat posisi Bung Karno ada di Halim Perdanakusuma.

Soeharto menyarankan Bung Karno untuk meninggalkan Halim karena pasukannya bersiap menyerang pasukan Dewan Revolusi. Bung Karno kemudian meninggalkan Halim Perdanakusuma untuk menuju Istana Bogor.

5. Pidato Pengangkatan Jenazah Pahlawan Revolusi dari Lubang Buaya

Pada 4 Oktober 1965 jenazah para perwira tinggi AD yang ditemukan sehari sebelumnya, diangkat dari Lubang Buaya.

Para perwira tinggi AD ini merupakan korban penculikan sekaligus pembunuhan Dewan Revolusi. Mereka oleh Dewan Revolusi dituding sebagai Dewan Jenderal, yakni sebutan kepada para perwira tinggi AD yang tidak loyal kepada Presiden Soekarno.

Di lokasi Lubang Buaya, Mayjen Soeharto melalui siaran radio berpidato menjelaskan apa yang terjadi pada 30 September 1965 yang kemudian dikenal sebagai G30S PKI.

Reaksi pertama yang muncul dari rakyat adalah rasa duka mendalam. Setelah itu di mana-mana terjadi kemarahan terhadap PKI beserta kaki tangannya.

Sejumlah pimpinan PKI, kader, dan seluruh simpatisannya diburu dan ditangkap. Pimpinan PKI DN Aidit, Njoto dan Letkol Untung Sutopo dieksekusi mati,

Pada 12 Maret 1966 PKI resmi dibubarkan dan sekaligus dinyatakan sebagai partai terlarang.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut