get app
inews
Aa Read Next : Ahli Ekonomi Indonesia Rizal Ramli Tutup Usia, Berikut Sepak Terjangnya

ITS Buka Pendaftaran Khusus Youtuber dan Influencer di SNMPTN, Simak Syaratnya!

Kamis, 06 Januari 2022 | 21:18 WIB
header img

Blitar.iNews.id - Departemen Desain Produk Industri (Despro) dari Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini membuka jalur khusus pendaftaran mahasiswa. Jalur tersebut hanya dikhususkan bagi influencer dan Youtuber yang berminat melanjutkan jenjang pendidikan sarjana. Pendaftaran jalur khusus ini dapat diikuti melalui pendaftaran SNMPTN 2022.

Dalam keteranganya, Bambang Tristiyono selaku Kepala Departemen Desain Produk Industri menerangkan jika adanya jalur khusus atau 'Golden Ticket' ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi khusus siswa SMA, SMK, maupun MA sederajat yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan diterima menjadi mahasiswa baru ITS  tahun ajaran mulai 2022.

Dilansir dari laman its.ac.id pada Rabu 5 Januari 2022, Bambang Tristiyono menyampaikan "Hal ini juga sebagai bentuk rangkaian promosi Despro agar lebih dikenal masyarakat".

Berikut cara Mendaftar dan Syarat Jalur SNMPTN Khusus Influencer dan YouTuber:

  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Menyertakan copy rapor hingga semester 5
  • Mencantumkan bukti prestasi akademik maupun non akademik
  • Mencantumkan bukti prestasi luar biasa
  • Membuat uraian yang ditulis tangan berisi deskripsi diri dan alasan memilih Despro ITS
  • Membuat surat pernyataan keaslian prestasi dan dokumen dengan mengetahui kepala sekolah
  • Harus memilih Departemen Desain Produk ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan satu pada jalur pendaftaran SNMPTN 2022 atau pilihan satu pada  jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) bagi pemenang yang tidak masuk kuota SNMPTN
  • Melampirkan bukti keikutsertaan ITS Fair Ini lho ITS yang diselenggarakan pada 8 – 23 Januari 2022 mendatang
  • “Kami tidak ingin salah pilih, keikutsertaan peserta dalam ITS Fair dapat menunjukkan keseriusan dan minat memilih Despro ITS,” ungkapnya.

Sementara itu, ada tiga jenis prestasi luar biasa yang dapat didaftarkan, yakni prestasi nasional atau internasional di bidang desain dan diselenggarakan oleh institusi terkemuka, entrepreneur terutama di bidang desain atau bisnis kreatif yang dibuktikan dengan profil usaha dilengkapi omzet dan link business account.

"Ketiga, influencer atau Youtuber yang dibuktikan dengan link media sosial,” papar Bambang.

Tahapan Seleksi

Ada tiga tahapan seleksi yang akan dilalui para peserta, pertama adalah seleksi dokumen yang disyaratkan akan dibuka pada 14-28 Februari 2022 pukul 17.00 sore. Tahap kedua, seleksi wawancara bagi yang lolos tahap pertama. Kemudian tahap ketiga, verifikasi akhir dan pengumuman peraih Golden Ticket.

Bambang pun berharap dengan adanya jalur Golden Ticket ini dapat menjadikan Departemen Despro ITS lebih dikenal dan menjadi pilihan favorit siswa.

“Semoga pendaftar dan peminat Despro ITS lebih meningkat lagi,” tutup dia.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut