get app
inews
Aa Read Next : PKI Hancur Pasca G30SPKI, Ganti Slogan We Are Nowhere But Everywhere

Beredar Foto Tentara Gadungan Kodim 0808 Blitar

Kamis, 06 Januari 2022 | 20:36 WIB
header img
Oknum TNI Gadungan yang Mengaku Bernama Guru Gunawan

Blitar.iNews.id Seorang pria yang mengaku sebagai anggota Kodim 0808 Blitar diamankan Propam. Pria ini diduga hendak jual beli kendaraan bermotor lewat online di Facebook. 

 

Kecurigaan muncul saat kartu anggota yang diduga palsu itu ramai beredar melalui pesan whastApp beberapa hari terakhir. Apalagi kartu anggota ini tidak seperti kartu anggota TNI di Kodim 0808 Blitar. 

 

Kejanggalan paling terlihat jelas yakni, Komandan Kodim yang bertandatangan di kartu anggota ini tidak berpangkat Letnan Kolonel. Padahal Komendan Kodim 0808 Blitar perwira menengah berpangkat Letnan Kolonel.

 

"Kalau dari nama Dandim nya saja udah salah, saya pastikan itu bukan anggota Kodim 0808 Blitar. Dandim itu dijabat Letnan Kolonel. Nah di kartu anggota yang beredar itu pangkat yang tanda tangan kolonel. Selain itu yang mencolok soal stempel. Kalau Kodim itu pakainya bulat bukan lonjong," tegas Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono, usai bakti sosial di Serah Kencong, Kamis (6/1/2022).

 

Lebih jauh Didin Nasruddin Darsono menambahkan, foto yang dipakai juga janggal. Kata dia, foto tersebut diduga adalah milik anggota TNI yang disalahgunakan. 

 

"Soal foto itu sepertinya penerbang, kalau seandainya itu benar-benar foto anggota terus disalahgunakan kan kasihan. Yang jelas ini yang melakukan penjahat," tegasnya.

 

Didin menegaskan, akan langsung melakukan pendalaman dan akan bekerjasama dengan kepolisian dan Propam agar tidak ada korban. 

 

Hingga saat ini oknum yang mengaku bernama Guru Gunawan berpangkat Sertu ini belum diamankan. Tidak menutup kemungkinan jika ada korban, maka akan dilakukan proses lebih lanjut. 

 

"Nah ini kami juga himbau kepada masyarakat kalau ada yang mengaku anggota dengan nama yang seperti beredar itu jangan dipercaya karena itu bukan anggota kami," kata Didin.

 

Didin menambahkan, pihaknya meminta masyarakat untuk melapor ke Kodim 0808 Blitar apabila menjadi korban penipuan oleh tentara gadungan. "Kami juga minta kerjasama masyarakat dan rekan-rekan media agar jangan sampai ada korban," tegasnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut