get app
inews
Aa Read Next : Malang, Bayi Laki-laki Ditemukan di Gazebo Sananwetan Kota Blitar

Kota Blitar-Korsel Kerja Sama Pengiriman TKI, Lima Bulan Bekerja Bisa Raup Rp 60 Juta

Rabu, 05 Januari 2022 | 19:11 WIB
header img
Wakil Wali Kota Tjutjuk Sunario

KOTA BLITAR, iNews.id - Kabar menggembirakan datang dari  Pemkot Blitar. Warga Kota Blitar yang ingin bekerja di luar negeri terutama ke Korea Selatan bisa melalui kerja sama antar Pemerintah Kabupaten/Kota (G to G).

Kerja sama itu sudah terbentuk dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Blitar dengan Kabupaten Yeongdeok-Gun Korea Selatan 13 Desember 2021 lalu secara virtual.
 
Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario sudah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk merealisasikan kerja sama ini. Dikonfirmasi Selasa, (4/1/2022) Tjutjuk menjelaskan, nantinya warga Kota Blitar akan dikontrak selama 5 bulan di Korea Selatan untuk bekerja di sektor pertanian dan perkebunan.

Selama kontrak kerja 5 bulan, warga Kota Blitar bisa pulang dengan membawa gaji bersih total Rp 60 juta.  Sementara untuk kebutuhan makanan dan tempat tinggal sudah ditanggung oleh pemerintah. Tjutjuk tengah menyiapkan berbagai tahapan seleksi calon pekerja G to G ini.

Pemkot Blitar akan melakukan seleksi mulai dari test Psikologi, kesehatan, interview hingga pelatihan maupun pembekalan. Nantinya seleksi akan dilakukan dua bulan lagi, sebab saat ini Pemkot Blitar juga masih menyelesaikan administrasi dan persyaratan dengan Menteri Tenaga Kerja dan juga Kemendagri RI.

“Pendaftaran belum dibuka, kita masih akan menyelesaikan administrasi dengan Menteri Tenaga Kerja dan Kemendagri yaa, cuman nanti kita juga upayakan ada tahapan seleksi juga” jelas Tjutjuk.

Tjutjuk menambahkan sampai saat pendaftaran program G to G ini belum dibuka. Tidak hanya dibidang pekerjaan, Tjutjuk juga menargetkan nantinya akan ada program beasiswa dan tukar pelajar di Korea Selatan.blitarkota.go.id 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut