get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Jingga, Pekerja Seni Milenial Kota Blitar Pencipta Batik Prabha Balitar

Finalis Putra Putri Batik Blitar 2023 Analisis Potensi Batik Kota Blitar

Selasa, 07 Maret 2023 | 16:42 WIB
header img
Putra Putri Batik Kota Blitar

BLITAR, iNewsBlitar~ Sebanyak 30 finalis Putra Putri Batik Blitar 2023 yang telah terpilih menjadi analis batik. Mereka akan mulai menjalani penugasan menuju Grand Final pada (17/2/2023) hingga (12/3/2023) mendatang. 

 

Penugasan Pemilihan Putra Putri Batik Blitar yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar ini dilakukan secara berkelompok. Mereka turun langsung dan menganalisis situasi kondisi pengrajin batik Kota Blitar meliputi kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman.

 

Kegiatan penugasan ini bertujuan untuk melatih berpikir analitis, kemampuan dalam kepekaan sosial, serta tanggung jawab nyata Putra Putri Batik Blitar 2023 pada masyarakat khususnya pembatik Kota Blitar.

 

“Jadi, para finalis tidak hanya berwawasan soal batik saja, tapi harus memiliki kemampuan publik speaking  yang bagus  sebagai tokoh anak muda yang peduli kaitan Batik Kota Blitar”. Ujar Hakim Sisworo, Kepala Disperindag Kota Blitar.


Putra Putri Batik Kota Blitar

Fariz P. Mursyid selaku Panitia Pemilihan Putra Putri Batik Blitar 2023 mengatakan, dari total pembagian 6 kelompok yang ditentukan oleh panitia pemilihan, terdapat 6 titik lokasi pelaku pengrajin Batik Kota Blitar. Para finalis akan mengunjungi pembatik mandiri dan yang rintisan.

 

“Kaami berikan dua kriteria pengrajin batik, yaitu yang sudah mandiri dan pembatik yang terbilang masih rintisan hingga yang berada dalam posisi stagnan. Tugas utama mereka adalah mengidentifikasi keberhasilan dan hambatan IKM dalam sektor Batik. Jadi mereka akan menemukan banyak sudut pandang dan keluhan pelaku sektor industri”.   

 

Di akhir sesi penugasan kunjung lapang pada pengrajin batik, seluruh Finalis Putra Putri Batik Blitar mempresentasikan hasil kunjungannya dengan metode tanya jawab dan Focuss Group Discussion yang dihadiri oleh tim panelis serta perwakilan dari Disperindag Kota Blitar pada (5/3/2023) di ruang rapat Disperindag Kota Blitar.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut