get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Jingga, Pekerja Seni Milenial Kota Blitar Pencipta Batik Prabha Balitar

Pasukan Peta Pimpinan Sudanco Supriyadi Memberontak atau Melawan Jepang, Begini Penjelasannya

Kamis, 17 November 2022 | 17:03 WIB
header img
Kadisbudpar Kota Blitar Edy Wasono (baju krem) memberikan arahan dalam diskusi penyampaian Laporan Pendahuluan Kajian Sejarah PETA / Supriyadi.

BLITAR. iNewsBlitar.id - Pemerintah Kota Blitar akan mengkaji perlawanan Pasukan Peta  (Pasukan Pembela Tanah Air) yang berperang melawan penjajah Jepang pada 14 Februari 1945 lalu. Perjuangan Pasukan Peta yang dipimpin oleh Sudanco Supriyadi ini menjadi tonggak semangat para pejuang dari berbagai daerah untuk melawan penjajah.

 

Rangga Bisma Aditya salah satu penggagas kajian perjuangan Peta ini menegaskan, bahwa Ia tidak sepakat dengan kata pemberontakan yang selama ini melekat pada perjuangan Peta. Kata pemberontakan akan berkonotasi negatif sementara para pejuang Peta justru melawan penjajah Jepang.

 

Untuk itu, Ia bersama tim yang mengkaji sejarah Perjuangan Peta untuk melrusukan sejarah. Kajian ini nanti akan membahas bagaimana searing anak Bupati Blitar yang lahir di Trenggalek ini memimpin perjuangan. Selain itu, berdasarkan literasi yang ia baca dan ia peroleh dari berbagai sumber, Supriyadi tidak memiliki nama FX didepanya. 

 

“Ini jelas pembelokan sejarah, karena Supriyadi ini tidak bergelar FX, karena Supriyadi itu beraliran Kejawen yang bergrum pada Kyai Kasan Bendo,” ungkapnya.  

 

Rangga menegaskan, bah banyak teman-teman dari Sudanco Supriyadi yang ikut berjuang melawan penjajah Jepang. Ada yang gugur di pertempuran ada juga yang akhirnya menyerahkan diri. 

 

Serangan Pasukan Peta mendapatkan perlawanan dari Jepang yang mendapatkan bantuan dari berbagai daerah. “Setidaknya Perjuangan Peta Blitar menjadi semangat pejuang dari berbagai daerah untuk melawan penjajah,” tegasnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut