get app
inews
Aa Read Next : Kisah Bali, Dibalik Pesonanya Ternyata Pernah Dihajar Bencana Bertubi-tubi

Ribuan Pasukan Diterjunkan di KTT G20 Bali, Ada Apa?

Rabu, 09 November 2022 | 09:23 WIB
header img
Ribuan pasukan diterjunkan dalam KTT G20 di Bali termasuk mengerahkan jet tempur F-16 dan Sukhoi (foto: ist)

JAKARTA, iNewsBlitarJet tempur F-16 Fighting Falcon dan Sukhoi akan ikut mengawal jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali pada 15 hingga 16 November mendatang.

F-16 merupakan pesawat tempur yang banyak dipakai Angkatan Udara Amerika Serikat. Sedangkan Sukhoi adalah pesawat tempur andalan Rusia. Dalam konflik Rusia- Ukraina yang masih berlangsung, dua negara super power itu berada pada dua kutub yang berhadapan.  

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, TNI AU telah menyiapkan pasukan pengamanan untuk KTT G20.

Selama pelaksanaan acara G20, TNI AU  mengerahkan sebanyak 3.000 personel.

“Kalau tidak salah 3000-an personel, dari berbagai kecabangan,” kata Fadjar usai membuka Seminar Nasional 'Tantangan TNI AU dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan' di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (8/11/2022).

Lebih lanjut Fadjar mengungkap, sejumlah pesawat tempur seperti F16 Fighting Falcon dan Sukhoi juga telah disiapkan dalam pengamanan.

Bahkan, kata Fadjar, TNI AU juga mempersiapkan pesawat Hercules C-130 sebagai alat angkut pasukan dan logistik guna mendukung acara KTT G20 mendatang.

“Ada pesawat F16 dan Sukhoi, dan juga dukungan dari pesawat Patmar. Dan kita gelar juga pesawat Hercules untuk dukungan logistik,” ucapnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut