get app
inews
Aa Read Next : Kombinasi Pariwisata dan Budaya, Kota Blitar Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif

Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha Sabtu (9/7/2022), ASN Kecewa Perubahan Libur Mendadak

Sabtu, 09 Juli 2022 | 09:31 WIB
header img
Pelaksanaan Salat Idul Adha di Polkesma Jalan Imam Bonjol Kota Blitar, Sabtu (9/7/2022) yang didominasi warga Muhammadiyah berlangsung khidmat.

BLITAR, iNewsBlitar. id - Ribuan umat islam terutama anggota Persyarikatan Muhammadiyah Kota Blitar menggelar Salat Idul Adha 1443 Hijriah, Sabtu (9/7/2022). Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kota Blitar terkosentrasi di dua titik yakni di lapangan Tenis Agung Jalan Soekarno Hatta dan halaman Polkesma Jalan Imam Bonjol, Kota Blitar. Pantauan di Polkesma, pelaksanaan Salat Idul Adha dimulai pukul 06.45 WIB. Sementara di lapangan Tenis Agung, pelaksanaan Salat Idul Adha membeludak. Parkir mobil terpaksa meluber hingga ke Jalan Soekarno-Hatta.  

Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1443 Hijriyah tahun ini berbeda dengan pemerintah. Sementara pemerintah menyatakan Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022, Muhammadiyah lebih dulu menetapkan tanggal 9 Juli 2022. Perbedaan ini sebenarnya tidak berdampak bagi masyarakat umum. Namun sejumlah ASN yang mengikuti Salat Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) kecewa dengan keputusan pemerintah mengubah hari libur Idul Adha.

Pasalnya keputusan tersebut mengubah rencana liburan keluarga yang sudah dirancang jauh-jauh hari. Apalagi perubahan tersebut terkesan mendadak."Saya terpaksa akhirnya mengajukan cuti satu hari. Padahal hari Sabtu ini sudah jelas-jelas tanggal merah," kata salah satu ASN yang enggan disebutkan namanya. Dia mudik dari luar kota khusus untuk merayakan Idul Adha di Kota Blitar.

Menurut ibu dua anak ini, keputusan pemerintah mengubah hari libur tersebut mendadak. Apalagi dirinya sudah dalam perjalanan menuju Kota Blitar. "Kemarin suratnya turun dan saya sudah berada di Kota Blitar, jadi tidak memungkinkan lagi pulang ke kantor karena jarak tempuhnya sudah semalam. Akhirnya saya mengajukan cuti," kata ASN tersebut. Ternyata keluhan serupa ditemukan pada ASN lain yang sudah terlanjur mudik ke kampung halaman. Hal itu diketahui dari perbincangan jamaah usai pelaksanaan Salat Idul Adha.  

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut