Emak-Emak Ketipu Jual Beli Minyak Goreng, Total Kerugian Rp 1 Miliar

Muchtar Bagus
Emak-emak di Kabupaten Jombang menjadi korban penipuan minyak goreng murah, Selasa (29/3/2022). (Foto: iNews TV/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNewsBlitar.id - Puluhan emak-emak menjadi korban penipuan penjualan minyak goreng murah di Jombang. Akibat kejadian itu,  emak-emak mengalami kerugian hingga Rp1 miliar.  Merasa tertipu, puluhan emak-emak di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Kota Jombang, melaporkan terduga pelaku ke polisi. Ironisnya, terduga penipuan ternyata masih tetangga korban berinisial ES (42).

Salah satu korban penipuan, Atik mengungkapkan, jumlah warga yang menjadi korban penipuan ini sangat banyak, sehingga kerugian yang dialami warga ditaksir mencapai lebih dari Rp1 miliar. “Kami awalnya tergiur membeli minyak goreng murah kepada ES karena punya stok minyak goring kemasan yang harganya jauh di bawah harga pasar,” katanya, Selasa (29/3/2022). 

Dia menyebutkan, beberapa minyak goreng kemasan kualitas premium dijual di bawah harga pasar yakni sebesar Rp180.000 per dus isi 12 liter. Sedangkan di pasaran harganya mencapai Rp235.000.  “Karena harganya murah, banyak warga yang kemudian ramai-ramai beli minyak goreng ke ES untuk kemudian dijual lagi,” ucapnya. 
Dia menuturkan, warga banyak yang membeli minyak goring ke ES dengan nilai bervariasi. “Ada yang Rp24 juta, Rp27 juta, 80 juta hingga Rp299 juta,” katanya.

Warga, kata dia, mengaku percaya kepada ES karena kiriman minyak goreng masih lancar. Namun, setelah itu kiriman minyak goreng yang ditunggu-tunggu ternyata tak kunjung datang hingga sekarang.  “Setiap ditagih untuk mengembalikan uangnya, ES selalu berbelit-belit dan tidak ada itikad baik,” ucapnya. Karena itu, warga kemudian melaporkan ES ke Polres Jombang. Warga berharap polisi segera menangkap ES dan memberi hukuman setimpal.
 

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network