Ingin Punya Jantung Tetap Sehat? Jangan Makan Berlebihan

Achmad Gozali

Keterangan Foto : Tips menjaga kesehatan jantung.(Sumber/okezone.com/Healtline)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Semua orang pasti menginginkan memiliki jantung yang sehat. Mereka yang berusia muda ataupun usia tua, salah satu caranya adalah dengan menjaga makanan yang dikonsumsi dan menjaga pola hidup. Baru baru di media sosial muncul video viral yang memperlihatkan seorang nenek yang bersuka 87 tahun, setelah check up memiliki kesehatan jantung seperti usia 40-an.

Lalu bagaimana cara menyehatkan jantung meski usia tak lagi muda? Ini penjelasan ahli kesehatan. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr. Vito Anggarino Damay mengatakan, adanya seorang Oma menjadi pasiennya, merupakan bukti jika menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan. Menjaga kesehatan jantung, terang Dokter Vito, bisa mencontoh si Oma itu, dengan ala masyarakat Indonesia saja. Pertama tidak makan secara berlebih-lebihan atau rakus.

"Saya setuju karena kita makan untuk mendapatkan energi, dan gizi. Bukan sekedar enak dimulut. Enak di mulut belum tentu bergizi. Banyak makan belum tentu bermanfaat, karena yang penting adalah nutrisi yang diserap,">

 

Dokter Vito menerangkan, jika mengonsumsi sayur dan buah bagi kesehatan sangat penting. Menurutnya bahan alami tersebut seperti vitamin atau suplemen yang sebenarnya bisa didapatkan, seperti menanam sendiri sehingga tidak selalu harus membeli.

Lalu bagi orang tua atau anak muda meminum air putih itu sangat penting. Menurut Dokter Vito, orang perlu minum air 2 liter sehari, sebab memberikan manfaat bagi kesehatan kulit, ginjal hingga mata dan otak. "Kulit, mata, ginjal bahkan otak kita butuh cairan untuk berfungsi dengan baik. Manusia kadangkala masih kuat tidak makan beberapa hari namun masih mungkin bisa bertahan hidup lebih lama dengan air," jelasnya.

 

Kemudian, aktif bergerak dengan tidak hidup bermalas-malasan, hal tersebut dapat mencegah kepikunan seseorang. Bisa melakukan aktivitas rumah tangga, seperti menyapu, mengepel di mana semua badan bergerak. "Tetap aktif secara fisik juga membuat pikiran kita tetap aktif disadari atau tidak. Oma ini masih tinggal sendiri mengurus rumahnya tanpa asisten rumah tangga," tambahnya.

 

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network