Jangan Sampai Keliru, Pilih Jurusan Pendidikan Perlu Libatkan Bantuan Orang Lain

Achmad Gozali
Memilih jurusan pendidikan perlu saran dari banyak orang.(Sumber/Freepik)

JAKARTA, iNewsBlitar.id -  Menentukan jurusan untuk melanjutkan pendidikan memang terkesan mudah. Namun banyak orang ketika sudah menjalankan proses pembelajarannya justru tidak sesuai dengan ekspektasi. Akibatnya mereka tidak bisa berkembang secara maksimal.

Menentukan masa depan diri sendiri memang tidak mudah dan sering membutuhkan bantuan orang lain. Sering kali kita menentukan sesuatu hanya karena nafsu atau hanya sekedar ikut pilihan orang lain. Salah satunya adalah memilih jurusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada beberapa tips untuk kamu memilih jurusan SMA agar tidak salah jurusan. Yuk, simak!

 

1. Pilih yang Sesuai dengan Keinginan Diri Sendiri

Ketika ingin memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA), tidak sedikit orang yang bingung dalam menentukan jurusan dan mungkin kamu adalah salah satunya, karena mungkin untuk pertama kalinya bagi kamu dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat.

Berbagai faktor mungkin akan mempengaruhi pikiranmu ketika ingin memilih jurusan, entah itu belum mengetahui perbedaan IPA dan IPS atau keinginan orang tua yang menuntut kamu memilih jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan.

Dalam memilih jurusan akan lebih baik apabila kamu memikirkannya terlebih dahulu karena akan menentukan masa depan kamu sendiri, pilihanmu berbeda dengan teman-temanmu namun alangkah lebih baik kamu tidak mengikuti teman yang mempunyai pilihan yang berbeda.

Karena pada dasarnya setiap jurusan sama bagusnya, tidak ada yang lebih unggul apabila dijalankannya dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citamu.

 

2. Sesuaikan dengan Cita-Cita

Setiap orang pasti punya cita-cita, entah itu ingin menjadi dokter, astronaut, pengacara, dll. Berbagai cara dilakukan untuk mencapainya walaupun cita-cita dapat berubah sewaktu-waktu. Ketika memasuki SMA kamu akan diberikan pilihan antara jurusan IPA ataupun IPS, bahkan dibeberapa sekolah selain jurusan tersebut ada pula jurusan Bahasa yang tidak kalah bagus dengan jurusan lain.

Menentukan jurusan SMA adalah salah satu proses untuk mencapai cita-citamu sebelum kamu menentukan jurusan di tingkat universitas. Seandainya kamu ingin menjadi dokter maka jurusan yang tepat adalah IPA, sedangkan jika ingin menjadi akuntan maka sebaiknya kamu memilih IPS.

 

3. Diskusikan dengan Orang Tua

Ada kalanya kamu mungkin bingung dalam menentukan jurusan SMA karena alasan tertentu. Bagi beberapa orang mungkin sudah bisa menentukan jurusan yang tepat, namun ada juga orang yang belum bisa menentukannya sendiri.

Berdiskusi dengan teman mungkin telah dilakukan namun terkadang saran dari teman belum tentu yang terbaik untuk dirimu, peran orang tua juga penting dalam membantu kamu membantu jurusan SMA karena mereka telah melewati masa-masa yang sedang kamu alami.

Walaupun terkadang harapan orang tua tidak sesuai dengan keinginanmu, tapi diskusi mengenai jurusan dengan orang tua adalah pilihan yang tepat untuk meminta saran. Selain akan mendapatkan support, mereka juga akan tau dan membantu dirimu untuk mencapai cita-cita.

Jadi, sebelum memilih jurusan mana yang tepat untuk dirimu sebaiknya pikirkan baik-baik entah menggunakan cara diatas maupun cara lain yang membuatmu nyaman. Menentukan jurusan SMA sebaiknya dilakukan sendiri karena akan membantu kamu dalam proses pendewasaan diri.iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network