Badan Pangan Nasional Jamin Stok Daging selama Ramadhan-Idul Fitri Aman

Miko Agung
Badan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian saat berada di peternakan sapi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Kamis (10/3/2022)

KEDIRI, InewsBlitar.id - Badan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian, menjamin ketersediaan daging sapi untuk bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022. Bahkan, hingga bulan Mei mendatang stok sapi mengalami surplus hingga lebih dari 31 ribu ekor. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat mengunjungi peternak sapi di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Jawa Timur bersama Kementerian Pertanian.

Selain memastikan stok aman, hadirnya Badan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian ini untuk menjalin konektivitas antara peternak wilayah Jawa Timur dengan konsumen di Jakarta dan Jawa Barat. Sehingga harga bisa tetap stabil sekaligus menekan kemungkinan impor. Serta menguntungkan peternak di daerah yang masih kesulitan mencari pasar .

"Kita mau membuat konektivitas antara sentra produksi ternak yang ada sampai pasar di Jakarta, disitu nanti ada RPH sampai ke pasar. Tugas Badan Pangan Nasional ini berkolaborasi dengan Kementan untuk mengintegrasikan, karena biasanya peternak kesulitan untuk mencari pasar, sehingga pemerintah membuat konektivitas untuk mendekatkan peternak dengan pasar," ujar Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi.

Nasrullah, Dirjen PKH  mengatakan untuk menyikapi naiknya harga daging sapi, pemerintah menyebut hal itu sebagai imbas dari tekanan pasar global yang saat ini kondisinya juga sedang mahal. Kini pemerintah sedang menjalin konektivitas antara peternak wilayah Jawa Timur dengan pedagang di Jakarta dan Jawa Barat untuk mengatasi mahalnya harga daging sapi.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu tidak adanya daging sapi, Dirjen PKH memiliki data sampai Mei Surplus 31 ribu ekor, kini pihaknya telah melakukan validasi, dan kondisi saat ini banyak dihembuskan isu mahalnya harga sapi impor bakalan, memang harga global sedang naik, namun secara nasional sapi mencukupi dan harganya justru lebih murah, dengan kisaran 50 ribu perkilogram," sambung Nasrullah.

Dari data Dirjen Peternakan, saat ini harga daging sapi di luar Jakarta masih terbilang normal. Yakni berkisar antara 100 hingga 110 ribu per kilogramnya, termasuk di Kediri. Sementara untuk Jakarta dan Jawa Barat, pemerintah kini tengah berusaha menstabilkan kembali harga daging sapi yang sempat melonjak. iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network