Saham Wall Street Anjlok, Orang-orang Tajir di Dunia Tekor Triliunan

Arif
Saham Wall Street Anjlok, Orang-orang Tajir di Dunia Tekor Triliunan. (foto/ist)

JAKARTA, iNewsBlitar – Pasar saham Amerika Serikat, Wall Street belum lama ini pada rontok.

Anjloknya pasar saham berimbas pada pundi-pundi keuangan para miliader dunia yang tiba-tiba kehilangan harta ratusan triliun pada minggu ini.

Jeff Bezos, Sergey Brin dan Larry Page hingga Bernard Arnault kehilangan banyak uang. Bahkan nilai kekayaan yang hilang mendadak mencapai ratusan triliun.

Dilansir dari Okezone, berikut fakta orang terkaya di dunia tiba-tiba kehilangan harta dalam sekejap Minggu (11/8/2024):

1.Pasar Saham Ambruk

Kekacauan pasar saham, Wall Street terjadi setelah laporan pekerjaan AS yang lemah pada Jumat yang memperlihatkan perlambatan signifikan dalam perekrutan bulan lalu.

Wall Street Merosot Tajam, Ratusan Orang Kaya Dunia Kehilangan Rp2.128 Triliun

Laporan bulan Juli menunjukkan bahwa kondisi ekonomi hanya menciptakan 114.000 pekerjaan baru bulan lalu, jauh di bawah estimasi analis sebesar 175.000 posisi baru. Pengangguran naik menjadi 4,3%, lebih buruk dari 4,1% yang diperkirakan oleh analis.

2. Rp2.128 triliun Hilang dalam Sekejap

Ratusan miliarder dunia telah kehilangan USD134 miliar atau setara Rp2.128 triliun imbas ambruknya pasar saham Amerika Serikat (AS), Wall Street.

3. Jeff Bezos Paling Menderita

Dihimpun dari The National News, Kamis (8/8/2024), sosok yang paling menderita dari peristiwa ini adalah pendiri Amazon, Jeff Bezos. Dilaporkan ia telah kehilangan USD23 miliar atau setara Rp368 Triliun dalam waktu yang sangat singkat. Bezos menjadi orang yang paling merugi dibanding orang kaya.

4. Elon Musk

Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk yang kehilangan USD6,57 miliar (Rp100 triliun) karena saham perusahaan kendaraan listriknya itu turun lebih dari 4,2%.

5. Bos Google

Pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page juga kehilangan masing-masing sekitar USD6 miliar (Rp95 triliun) hingga Senin.

6. Mark Zuckerberg

Kemudian Mark Zuckerberg, kehilangan $4,3 miliar (Rp68 triliun) karena saham Meta turun 2,35%.

7. Larry Ellison,

Salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle yang mengalami lonjakan kekayaan sebesar USD3 miliar (Rp50 triliun) dalam semalam, juga merugi pada Senin.

Dikabarkan keuntungannya yang baru saja didapat juga harus ludes karena krisis saham.

8. Bernard Arnault

Kepala eksekutif LVMH Bernard Arnault, mantan kepala eksekutif Microsoft Bill Gates dan Steve Ballmer, dan ketua Berkshire Hathaway Warren Buffet, yang masuk dalam 10 orang terkaya di dunia, secara kolektif kehilangan lebih dari USD7 miliar (Rp111 triliun).

Editor : Solichan Arif

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network