get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Muncul Hepatitis Misterius di Indonesia, Epidemiolog Menduga Varian Baru Covid-19

Rabu, 04 Mei 2022 | 16:36 WIB
header img
Ilustrasi Varian Baru Covid-19. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Sudah 3 anak meninggal dunia akibat hepatitis misterius di Indonesia. Badan Kesehatan Duni (WHO) pun sudah memberikan peringatan ke banyak negara agar mewaspadai kasus hepatitis tersebut.

Sampai saat ini, penyebab hepatitis misterius memang belum dapat dipastikan. Beberapa duganaan pun mencuat, salah satunya adalah pengaruh dari vaksin Covid-19. Meskipun, kabar ini kemudian dibantah karena tidak terbukti.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman coba mengomentari fenomena hepatitis misterius ini. Ia menduga, ada peran varian baru Covid-19 di balik penyebab hepatitis misterius.

"Kami sampai saat ini belum bisa memastikan penyebab hepatitis misterius ini. Tapi, ada dugaan hepatitis misterius disebabkan oleh varian baru Covid-19 yang belum teridentifikasi," kata Dicky Budiman pada MNC Portal, Selasa (3/5/2022).

Hepatitis

Dugaan tersebut bukan tanpa alasan. Covid-19, kata Dicky, secara umum adalah penyakit yang menyerang semua organ tubuh. Meski penyakit ini ditularkan lewat udara dan menginfeksi saluran napas, tapi pada gilirannya Covid-19 adalah penyakit sistemik yang menyerang semua organ, termasuk liver.

"Nah, di kejadian hepatitis misterius, organ yang diserang adalah liver dan anak-anak menjadi sasaran utama varian tersebut," terang Dicky.

Kenapa anak-anak?

Menurut Dicky, karena anak-anak telat mendapatkan vaksin Covid-19. Bahkan, tidak semua anak-anak eligible mendapatkan vaksin karena sejauh ini baru anak 6 tahun ke atas yang bisa divaksin Covid-19.

"Fenomena di masyarakat global, anak-anak pun belum banyak yang mendapatkan vaksin Covid-19 dua dosis, boro-boro booster," katanya.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut