get app
inews
Aa Read Next : BPPOM Izinkan Obat Paxlovid Tablet untuk Obat Covid-19, Begini Saran Minumnya

Ini Alasan Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Rabu, 16 Maret 2022 | 20:10 WIB
header img
lustrasi bela negara. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Dunia saat ini sedang tidak menentu. Saat seluruh dunia diguncang pandemi Covid-19 pada 2020, tiba-tiba Rusia menyerang Ukraina pada 2022. Belakangan isunya diseret ke perang dunia ke-III. Jutaan rakyat Ukraina saat ini membela negaranya dari serbuan Rusia. Tapi membela negara tidak melulu dengan angkat senjata. Seperti apa bela negara di Indonesia?

Untuk mengantisipasi situasi dunia yang tak menentu, semangat dan kesadaran bela negara harus dimiliki dan tertanam di jiwa setiap warga negara Indonesia. Hal ini bertujuan agar muncul jiwa nasionalisme ditiap diri warga negara Indonesia. Rasa nasionalisme yang bersemayam dalam diri tidak bisa dinilai dari kata-kata atau narasi yang diucapkan, melainkan bisa dilihat dari perilaku dan sikap seseorang. Perilaku dan sikap ini penting untuk mempertahankan kedaulatan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Bela negara sendiri memiliki arti sebagai sikap atau perilaku seorang warga negara yang memiliki jiwa kecintaan terhadap Negara Republik Indonesia. Karena sikap dan perilaku tersebut yang akan memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Setiap warga negara diharapkan memiliki kesadaran untuk berbakti dan bersedia berkorban untuk membela negara Indonesia. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita di zaman penjajahan dalam memerdekakan Indonesia.

Maka dari itu, perlu adanya Motivasi Bela Negara demi keutuhan NKRI. Berikut adalah Motivasi Bela Negara sebagaimana dilansir okezone.

Motivasi Bela Negara

 

Perlu adanya kesadaran bagi setiap warga negara Indonesia mengenai hak dan kewajiban terhadap Negara Republik Indonesia. Kesadaran yang ditumbuhkan ini akan menjadi suatu motivasi dalam mencintai tanah air, sehingga menimbulkan dorongan diri untuk ikut serta dalam tugas melakukan bela negara.

Motivasi mengenai bela negara bisa berdasarkan pengalaman sejarah perjuangan pendahulu bangsa Indonesia yang berusaha memerdekakan tanah air, kedudukan wilayah geografis negara Indonesia yang cukup strategis ditambah dengan banyaknya kekayaan alam yang dimiliki negara ini, banyaknya penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, banyaknya sumber daya alam yang tersebar di berbagai pulau, semakin majunya perkembangan IPTEK dalam berbagai bidang.

Melakukan bela negara bukan berarti anda harus ikut dalam peperangan. Namun, ada banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mencerminkan tentang perilaku bela negara. Seperti:

  • Ikut serta dalam aktifitas sosial di masyarakat.
  • Melakukan musyawarah terhadap keputusan yang berhubungan dengan kepentingan bersama.
  • Menaati setiap norma yang berlaku di masyarakat.
  • Ikut serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan.
  • Tidak berperilaku rasis terhadap sesama warga Indonesia.
  • Memiliki sikap toleransi yang tinggi antar umat bergama, suku, dan kebudayaan.
  • Dengan melakukan bela negara dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan berbagai macam manfaat. Salah satunya adalah kehidupan yang rukun dan jauh dari konflik.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut