get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Tingkat Stres Tinggi di Tengah Pandemi Covid-19, Yuk Lakukan Ini Agar Hormon Bahagia Meningkat

Jum'at, 11 Maret 2022 | 21:56 WIB
header img
Ilustrasi cara meningkatkan hormon bahagia.(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Tidak bisa dipungkiri selama masa pandemi Covid-19 kita lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah saja. Hal ini membuat kita merasa bosan, kesepian dan bahkan bisa menimbulkan stres.

Jika hal ini terjadi secara terus terusan maka akan menganggu kesehatan fisik dan juga mental kita. Untuk itu, kita harus berupaya membuat diri lebih merasa enjoy dan happy saat beraktivitas sehari hari, meskipun hanya dirumah saja.

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara meningkatkan  hormon kebahagiaan. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk bisa meningkatkan hormon bahagia, dengan harapan bisa menghalau rasa bosan, kesepian dan stres di tengah pandemi Covid-19.

Merangkum dari laman Instagram resmi Satuan Tugas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, berikut beberapa cara alami tingkatkan hormon kebahagiaan agar tidak stres.

1. Dopamin (Hormon perasaan baik)

Seseorang bisa meningkatkan hormon dopamin dengan cara: mengonsumsi makanan enak, cukup tidur, olahraga, dan bermeditasi.

2. Endorfin (Hormon pereda alami tubuh)

Hormon ini dapat diperoleh dengan cara: tertawa, mendengarkan musik, makan cokelat, dan menonton film.

3. Oksitosin (Hormon cinta)

Hormon oksitosin dapat diperoleh dengan cara: berpelukan, berbagi cinta, bermain dengan hewan peliharaan, dan melakukan kebaikan.

4. Serotonin (Hormon pengelola suasana hati)

Hormon ini dapat diperoleh dengan cara: berjemur di bawah sinar matahari, melihat pemandangan alam, berjalan-jalan, beroda dan beribadah.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk melakukan sejumlah aktivitas yang dapat meningkatkan hormon kebahagiaan secara alami. Meski demikian, masyarakat juga tidak boleh lupa untuk menerapkan protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19 agar terhindari dari infeksi virus.iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut