get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

1 dari 5 Orang Tuli, Menkes Ingatkan Penggunaan Earphone

Selasa, 08 Maret 2022 | 09:10 WIB
header img
Mencegah Tuli, Menkes ingatkan penggunaan earphone.(Sumber/foto ilustrasi)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa pada 2021 terdapat 1 dari 5 orang di dunia mengalami gangguan pendengaran atau ketulian.

Gangguan ini berdampak pada memburuknya perkembangan kognitif, psikologi dan sosial orang yang mengalaminya. Selain itu gangguan pendengaran juga menyebabkan kerugian ekonomi sekitar 1 triliun USD setiap tahunnya.

 

Volume suara yang terlalu kencang dari earphone akan memicu kerusakan gendang telinga dan bisa meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyerukan pengaturan volume earphone yang aman.

 

Menkes Budi menilai bahwa di era digital seperti sekarang ini, banyak anak muda yang sudah aktif menggunakan earphone. Hal ini perlu diperhatikan karena bisa memicu masalah gangguan pendengaran atau ketulian.

 

"Saya mengajak kepada semua masyarakat untuk menjaga kesehatan telinga dan mencegah gangguan pendengaran dengan menerapkan safety listening yaitu 60-60," kata Menkes Budi dalam Webinar Hari Pendengaran Sedunia 2022, Jumat 4 Maret 2022.

 

"Artinya, pastikan volume earphone cukup di 60% dan beristirahat setelah 60 menit," terangnya.

 

Tak hanya konsep safety listening, Menkes Budi juga mengajak seluruh masyarakat untuk secara rutin melakukan pemeriksaan telinga dan deteksi dini gangguan pendengaran.

 

Kemudian, yang tak kalah penting adalah segera periksa ke dokter, jangan sampai menunggu munculnya gejala.

 

"Ini perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan telinga," tambahnya.

 

"Oleh karena itu, kami meminta seluruh jajaran pemerintah daerah, baik individu maupun kelompok, perlu memberikan dukungan, perhatian, dan peran sertanya dalam upaya pencegahan dan pengendalian gangguan pendengaran dan ketulian ini," kata Menkes iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut