get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Perang Rusia-Ukraina Bisa Sebabkan Lonjakan Drastis Kasus Covid-19

Minggu, 06 Maret 2022 | 23:06 WIB
header img
Kasus Covid-19 meningkat drastis akibat perang Rusia-Ukraina.(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Dunia dihadapkan dengan perang Rusia-Ukraina. Tentu saja urgensi akan penangan perang ini lebih tinggi ketimbang Covid-19. Data WHO menunjukkan cakupan vaksinasi di Ukraina juga masih sangat minim. Ini semakin memperjelas adanya kedaruratan Covid-19 di negara tersebut.

WHO pun mengkhawatirkan terjadinya lonjakan kasus di beberapa negara akibat perpindahan secara besar-besaran masyarakat Ukraina yang mencari perlindungan ke negara lain. Menurut WHO, itu memberi tekanan pada sistem kesehatan negara tetangga.

"Gegara tekanan yang terjadi akibat konflik, warga sipil akan mencari perlindungan ke negara tetangga dan ini memungkinkan masalah kesehatan berpindah ke negara lain," jelas dr. Michael Ryan, direktur eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO.

Banyak mereka yang terpapar Covid-19 akibat sibuk menyelamatkan diri. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mencatat bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan dan tak terkendali di Ukraina. "Tingkat pengujian yang rendah memungkinkan sekali terjadinya lonjakan kasus yang tak terkendali di Ukraina. Lonjakan kasus ini terjadi selama konflik Rusia-Ukraina," kata Dirjen WHO dr Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilaporkan Fox News, Sabtu 5 Maret 2022.

 

Di lain sisi, konflik Rusia-Ukraina ini WHO pun memberi perhatian tak hanya pada Covid-19 melainkan masalah kesehatan lainnya. Misalnya saja kesehatan anak-anak yang tidak maksimal. Dari beberapa gambar yang beredar di media, terlihat banyak anak-anak mendapat perawatan medis di ruang bawah tanah rumah sakit Kyiv untuk menghindari penembakan. Keterbatasan penanganan medis tersebut bisa menimbulkan masalah baru. iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut