get app
inews
Aa Read Next : Temuan Ilmuwan: Bentuk Bumi Ternyata Tidak Serupa Bola

PT Greenfields Indonesia Keok, PN Blitar Jatuhi Vonis Pencemar Lingkungan

Senin, 07 Maret 2022 | 18:06 WIB
header img
Tampak anggota DPRD Kabupaten Blitar yang beberapa waktu lalu melakukan sidak limbah sapi PT Greenfields Indonesia yang diduga telah mencemari lingkungan. (foto: istimewa)

BLITAR, iNewsBlitar – Pengadilan Negeri Blitar dalam sidang putusan gugatan class action perkara pencemaran lingkungan memutuskan tergugat PT Greenfields Indonesia, bersalah.

 

Hakim PN Blitar menyatakan aktifitas PT Greenfields di Kabupaten Blitar telah mencemari lingkungan dan sekaligus sebagai perbuatan melawan hukum.

 

Putusan PN dengan Ketua Majelis Hakim Ari Wahyu Irawan dan hakim anggota Maimunsyah dan M Syafii dirilis secara online pada Senin (7/3/2022).

 

Dalam amar putusan perkara No. 77/Pdt.G/LH/2021/PNBlt, hakim juga menyatakan menolak eksepsi tergugat (PT Greenfields Indonesia), turut tergugat I (Gubernur Jawa Timur) dan turut tergugat II (Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur).

 

Selain menyatakan bersalah telah mencemari lingkungan, dalam poin putusannya hakim juga menyatakan menghukum tergugat (PT Greenfileds) untuk membuat kajian serta membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai sesuai kapasitas usaha tergugat.

 

Kendati demikian, PN Blitar tidak mengabulkan tuntutan ganti rugi yang juga menjadi bagian materi gugatan 242 kepala keluarga (KK) warga Kecamatan Wlingi dan Kecamatan Doko.

 

Juru bicara kuasa hukum warga penggugat, Hendi Priono mengatakan merasa bersyukur meski pengadilan hanya mengabulkan sebagian gugatan. Sebab yang dikabulkan merupakan permohonan utama warga penggugat.

 

“Kita bersyukur. Semua tergugat dinyatakan melakukan perbuatan melanggar hukum dan PT Greenfields diwajibkan membuat kajian serta membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai sesuai kapasitas usahanya,” ujar Hendi Priono kepada wartawan Senin (7/3/2022)

 

Sidang gugatan class action dengan PT Greenfileds Indonesia sebagai tergugat utama. berlangsung sekitar delapan bulan. Sejak beroperasi pada tahun 2018, limbah peternakan sapi perah PT Greenfileds dinilai telah mencemari lingkungan. Kotoran sapi membuat air sungai berwarna keruh sekaligus berbau busuk.

 

Limbah sapi mengakibatkan banyak ikan di sungai yang  mati, termasuk ikan di kolam warga yang airnya berasal dari sungai. Karena alasan itu, sebanyak 242 KK juga memasukkan ganti rugi material dan imaterial di dalam materi gugatannya.

 

Sayangnya, majelis hakim PN Blitar dalam putusannya tidak mengabulkan gugatan ganti rugi warga tersebut. Menurut Hendi Priono, hal itu tidak menjadi masalah. Sebab tujuan awal melakukan gugatan class action adalah menyelamatkan lingkungan dari pencemaran.

 

“Tujuan utama menggugat bukan mencari keuntungan atau profit tapi bagaimana membangun IPAL sesuai standar dan menyelamatkan lingkungan,” terang Hendi Priono.

    

Sebagai kuasa hukum warga, Hendi Priono juga mengatakan pihaknya mematuhi  apa yang menjadi keputusan pengadilan, meskipun poin gugatan ganti rugi tidak dikabulkan. Perkara gugatan class action ini juga sekaligus memberikan pesan penting kepada para investor.

 

Bahwa warga Blitar tidak antipati terhadap investasi. Hanya saja investasi yang masuk ke Blitar hendaknya ramah terhadap lingkungan. “Kami juga berharap warga bisa menerima keputusan ini, karena pertimbangan lingkungan yang lebih baik, bebas dari pencemaran,” pungkasnya.

 

Menanggapi hal itu,  Kuasa hukum PT Greenfields Michael Jhon Amalo Sipet mengatakan pihaknya akan mengikuti saja mengingat baru membaca amar putusan. Ia juga mengatakan masih memiliki waktu 14 hari untuk mempelajari sekaligus memutuskan, apakah  banding atau tidak.  

 

Michael juga menambahkan, saat ini  PT Greenfileds terus melakukan pembaharuan terkait lingkungan. Karenanya baik ada putusan pengadilan maupun tidak, pembaharuan akan terus dilakukan.

 

“Belum menerima salinan putusan dan pertimbangan majelis hakim, belum bisa komentar lebih lanjut,”  kata Michael.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut