get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Blitar Tolak Berkas Pencalonan Mas Ibin, Ini Alasannya

PAN Sepakat Koalisi dengan PKB dan Demokrat di Pilkada Kota Blitar Usung Mas Ibin-Elim

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 17:59 WIB
header img
PAN Sepakat Koalisi dengan PKB dan Demokrat di Pilkada Blitar Usung Mas Ibin-Elim. (foto/ist)

BLITAR, iNewsBlitar - Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Blitar sudah sepakat mengusung pasangan Syauqul Muhibbin atau Mas Ibin dan Elim Tyu Samba di Pilkada Kota Blitar 2024.

PKB, PAN dan Partai Demokrat telah bersepakat berkoalisi di Pilkada Kota Blitar 2024 melawan PDIP yang mengusung pasangan Bambang Rianto atau Bambang Kawit dan Bayu Setyo Kuncoro.

Hanya saja PAN belum mengeluarkan rekom. Hal itu diungkapkan Ketua Partai Demokrat Kota Blitar Ridho Handoko Kamis malam (8/8/2024) usai DPP Partai Demokrat menurunkan rekom kepada pasangan Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba.

“Sudah kesepakatan PKB, PAN dan Demokrat,” ujar Ridho melalui pesan WA kepada iNews.id Kamis malam (8/8/2024).

Bacawali Kota Blitar Mas Ibin akhirnya mendapatkan pasangan bakal calon wakil walikota (bacawawali) atau AG2. DPP Partai Demokrat secara mengejutkan menerbitkan rekom untuk pasangan Mas Ibin-Elim Tyu Samba.

Sebab sebelumnya Partai Demokrat Kota Blitar menyatakan merapat ke PDIP yang mengusung Bambang-Bayu.

Penyerahan rekom pasangan Mas Ibin-Elim langsung dilakukan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta Kamis malam (8/8/2024).

Elim Tyu Samba diketahui merupakan kader Partai Gerindra yang pada Pileg 2024 maju sebagai caleg DPR RI Dapil VI Jawa Timur (Blitar, Kediri dan Tulungagung).

Hanya saja perolehan suaranya tidak cukup mengantarkannya ke senayan. Partai Gerindra Kota Blitar sendiri diketahui memilih merapat ke PDIP bersama PPP.

Sementara dengan turunya rekom, Partai Demokrat di Pilkada Kota Blitar 2024 dipastikan berkoalisi dengan PKB. Selain Demokrat, kata Ridho PAN juga sudah bersepakat berkoalisi, namun belum menerbitkan rekom.

Menurut Ridho, saat ini koalisi PKB, PAN dan Demokrat yang mengusung Mas Ibin- Elim, tinggal menunggu sikap politik dari Partai Golkar Ia berharap Partai Golkar segera menyusul bergabung.

“Masih menunggu Golkar semoga menyusul,” pungkas Ridho.

 

Editor : Solichan Arif

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut