get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

Rumah Pintar Pemilu Nasional Bung Karno, 1 Diantara 4 Rumah Pintar Pemilu di Indonesia, apa Isinya ?

Sabtu, 23 Desember 2023 | 15:29 WIB
header img
Peresmian Rumah Pintar Pemilu Bung Karno di Perpustakaan Bung Karno Kota Blitar, Sabtu (23/12/2023)

BLITAR, iNewsBlitar- KPU Kota Blitar meresmikan Rumah Pintar Pemilu  Nasional (RPPN) Bung Karno di Perpustakaan Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu (23/12/2023). RPPN ini menjadi satu diantara empat RPP di Indonesia.

 

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Miftahur Rozaq mengatakan, bahwa tiga RPP Nasional yang lainnya ada di Jogyakarta, Minahasa, Kota Batu, dan Kota Blitar. “Jatim sudah ada dua RPP Nasional dan menjadi kepercayaan KPU RI,” ungkapnya saat persemian RPPN di Perpustakaan Bung Karno, Kota Blitar.

 

Ia meminta pada KPU yang di daerah lain untuk memiliki inisiatif yang sama untuk menumbuhkembangkan demokrasi di Indonesia. KPU Kota Blitar sudah menginisiasi RPPN ini sejak tahun lalu. KPU Kota Blitar secara langsung meresmikan pada tahun ini.

 

“Kepercayaan yang harus dijaga, RPPN strategi untuk meningkatkan pasrtisipasi masyarakat baik kuantitas dan kualitas,” ungkapnya.

 

Rozaq menjelaskan, bahwa setiap gelaran Pemilu dan Pilkada menjadi bahan evaluasi pada aspek partisipasi masyarakat. Munculnya RPPN perlu dijaga baik provinsi dan kab dan kota yang lain. 


Komisioner KPU Jawa Timur Miftahur Rozaq dan Walikota Blitar, Santoso mengunjungi dan melihat isi RPPN

Di dalam RPPN ini memuat sejarah Pemilu dan Pilkada yang sudah terjadi sebelumnya dan menjadi literasi bagi generasi muda.

 

“Setiap Pemilu memiliki perbedaan tapi tujuan sama menegakkan demokrasi, bagian legitemasi rakyat dalam menentukan calon pemimpin bangsa,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, suksesnya pemilu bagian dari suksesnya kedaulatan rakyat. RPPN ini menjadi pusta informasi bagi KPU dan warga untuk melihat sejarah gelaran pesta demokrasi lima tahunan ini.

 

KPU Kota Blitar ingin memiliki peninggalan yang dapat dinikmati dan diambil pengetahuannya bagi masyarakat. RPP yang berada di Perpustakaan Bung Karno Kota Blitar tidak hanya menjadi rujukan belajar sejarah pemilu bagi warga Blitar, namun juga warga dari luar yang berkunjung di Perpustakaan Bung Karno, Kota Blitar.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut