get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

Ini DCT Anggota Legislatif Kota Blitar, Cek Namamu

Sabtu, 04 November 2023 | 09:31 WIB
header img
Pemilu 2024 Dapil 7 Jawa Timur, Blitar Tulungagung menjadi ajang Pertarungan Petaha dan pendatang baru (foto:okezone.com)

BLITAR, iNewsJatim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kota Blitar, Sabtu (04/11/2023) dini hari. Ada 284 DCT yang masuk dalam kontestasi Pemilihan Legislatif 14 Februari 2024 mendatang. 

 

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengatakan, dari 284 DCT ini terdiri dari 170 calon legislatif laki-laki dan 114 Caleg perempuan. Dengan komposisi tersebut maka keterwakilan perempuan di Pemilu 2024 mendatang sudah mencukupi.

 

“Hari ini tahapan pengumuman DCT, daftar calon tetap legislatif kota Blitar. Sebelumnya sudah diterapkan 284 calon anggota legislatif dari 17 parpol yang mendaftar di Kota Blitar,” katanya, Sabtu (04/11/23). 

 

Dari 284 DCT mengalami pengurangan jumlah dari 285 saat daftar calon sementara (DCS). Berkurangnya jumlah DCS ke DCT ini karena ada salah satu caleg yang mengundurkan diri. Caleg tersebut memilih mundur dari DCS sehingga tidak bisa lanjut untuk ditetapkan sebagai daftar calon tetap. 

 

“DCT 284, sebelumnya dcs 285 ini berkurang 1 org. Dalam pencermatan, ada pergeseran, pergantian dari parpol,” kata Hernawan Miftakhul Khabib, Komisioner KPU Kota Blitar divisi Teknis.

 

Pengunduran Caleg tersebut juga telah dilengkapi dengan surat dari partai yang bersangkutan. Sehingga KPU Kota Blitar mencoret Caleg tersebut dari daftar DCT.

 

Kini setelah masa penetapan DCT, KPU Kota Blitar akan langsung menjalankan tahapan kampanye. Sesuai dengan jadwal masa kampanye untuk Caleg akan dimulai tanggal 28 November 2023 mendatang. 

 

Nantinya mulai tanggal tersebut para Caleg yang telah ditetapkan bisa memasang baliho kampanye di sejumlah titik yang telah ditentukan oleh KPU. 

 

“Berkurang 1 itu mengundurkan diri sebagai bakal calon. Dan ini disertai dari parpol. Setelah penetapan akan masuk tahap kampanye mulai tgl 28 November,” tutupnya.

 

Berikut daftar DCT yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Blitar. Daftar DCT tersebut bisa dilihat di link dibawah ini.

 

Link Download :

 

https://bit.ly/DCT-DPRDKOTABLITAR

 

 

 

https://kota-blitar.kpu.go.id/berita/baca/8116/pengumuman-daftar-calon-tetap-anggota-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-kota-blitar-pemilu-tahun-2024

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut