get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

KPU Kota Blitar Mulai Susun Kotak Suara, Bersiap Pemilu di Hari Kemerdekaan RI ke-78 ?

Kamis, 17 Agustus 2023 | 14:27 WIB
header img
Susana merakit kotak suara yang digelar oleh KPU Kota Blitar di hari kemerdekaan RI ke-78

BLITAR, iNewsBlitar – Jajaran staf dan komisioner KPU Kota Blitar mulai menata kotak suara di hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun. Kegiatan yang digelar di halaman Kantor KPU Kota Blitar ini juga diikuti pegawai adhoc KPU Kota Blitar, petugas PPS dan PPK serta mahasiswa magang. 

 

Mereka nampak antusias menata kotak suara, bahkan adu cepat saat menyusunnya. Ada 120 orang yang menata dan mempersiapkan kotak suara ini. Mereka tidak hanya menata, namun kerapian menjadi hal yang diperhatikan.

 

Kotak suara yang disusun ini sama dengan kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2024 mendatang. Namun kegiatan ini bukan ingin mendahului tahapan, namun dalam rangka lomba memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun. 

 

"Kotak suara yang dipakai lomba ini pun sama dengan pada Pemilu mendatang yakni terbuat dari bahan karton tahan air," ujar Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya, Kamis (17/8/2023).

 

Rangga menjelaskan, bahwa penilaian lomba ini adalah kecepatan serta kerapian dari kota suara yang dirakit. Perlombaan ini juga dalam rangka sosialisasi sekaligus menguji kesiapan para anggota PPS hingg PPK. 

 

Selain lomba merakit kotak suara, KPU Kota Blitar juga menggelar lomba memasukkan spesimen surat suara ke kotak suara. Dalam lomba ini, peserta wajahnya ditutupi topeng kertas dan berdiri radius 5 meter dari kotak suara. Mereka kemudian harus berjalan menuju kotak suara untuk memasukkan surat suara dengan benar. 

 

"Memang lomba ini kami sesuaikan dengan persiapan tahapan Pemilu 2024. Para peserta diharapkan cekatan mengantarkan para pemilih ke kotak suara. Ini sekaligus sebagai cerminan persiapan kami agar dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang kami bisa melaksanakan dengan baik,

" imbuhnya. 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut