get app
inews
Aa Read Next : Cerita 50 Haji Masa Kolonial Belanda yang Jadi Cikal Bakal Pesantren di Jawa

Ratusan Calon Haji Kediri Dilepas dengan Tetesan Air Mata

Senin, 05 Juni 2023 | 06:33 WIB
header img
Ratusan calon jamaah haji Kabupaten Kediri Jawa Timur dilepas dengan air mata haru (foto: ist)

KEDIRI, iNewsBlitar – Calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur mulai melakukan perjalanan menuju ke tanah suci.

 

Total ada sebanyak 1.345 jemaah calon haji. Mereka terbagi atas 4 kloter (kelompok penerbangan).

 

Dari Kediri, rombongan calon haji yang mengendarai 9 bus itu berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Minggu (4/6/2023) pagi.

 

Pemberangkatan dilepas oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa. Suasana haru mewarnai pemberangkatan. Tak sedikit keluarga pengantar yang meneteskan air mata.

 

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa'iz, mengatakan, kloter pertama berangkat pagi, kloter kedua siang, kloter ketiga sore dan kloter keempat pada malam hari. 

 

"Kabupaten Kediri total ada 1.345 jemaah calon haji yang berangkat tahun ini, dan dibagi menjadi 4 kloter. Kloter pertama hingga ketiga masing-masing sebanyak 400 jamaah calon haji, sementara untuk kloter keempat 145 jamaah calon haji," ujar Achmad Fa'iz.

 

Terungkap, dari total 1.345 calon haji Kabupaten Kediri, 60 persen di antaranya lansia (lansia). Dalam hal ini pihak Kemenag Kabupaten Kediri memberikan perhatian khusus terhadap jamaah yang berusia lanjut usia. 

 

Salah satunya memberi tanda khusus pada kartu haji, yakni berupa pita merah putih, dengan tujuan petugas haji mudah mengidentifikasi yang bersangkutan termasuk golongan lansia.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut