get app
inews
Aa Read Next : Asam Lambung Sering Jadi Kendala Saat Puasa, Berikut Cara Atasinya

Minum Setelah Makan Bukan Kebiasaan yang Baik, ini Alasannya

Minggu, 02 Januari 2022 | 18:21 WIB
header img
Hindari Minum setelah Makan

 

Blitar.iNews.id Minum setelah makan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Jika tidak minum terasa ada yang kurang.

 

Ternyata minum setelah makan itu justru menjadi kebiasaan buruk. Minum air putih disela atau usai makan bisa memperburuk gastroesophageal reflux disease (GERD)  atau biasa dikenal dengan asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan kembung, perut tak nyaman,  gangguan pencernaan.

 

Dikutip dari buku "The Miracle of Enzyme" oleh dr Hiromi Shinya, MD beliau Guru Besar Kedokteran Albert Einstein College of Medicine,  AS

Jika kita tersedak makanan bagaimana?. Itu karena kebiasaan mengunyah tidak minimal 30 kali bahkan untuk makanan yang keras minimal 70 kali. Guna makanan yang kita makan supaya bercampur dengan enzim yang didalam mulut.

 

Minum sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum makan. Supaya air sudah diserap oleh usus terlebih dahulu, jika minum setelah makan kerja usus akan bekerja lebih keras dan akan mengeluarkan enzim yang seharunya bukan tugasnya.

 

Dr Hiromi Shinya juga menganjurkan untuk setelah makan jangan tidur sebelum empat atau lima jam kemudian. “Tidur itu harus dalam keadaan perut kosong,  kalau semua teori diterapkan orang bukan saja lebih sehat, tapi juga panjang umur, awet muda,  dan tidak akan mengalami kegemukan atau penumpukan lemak,” tegasnya.  

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut