get app
inews
Aa Read Next : Kejutan PAN Kota Blitar: Bagi Takjil Durian, Pecah Telur 3 Kursi DPRD, Berikutnya Pilkada 2024?

Apa Keistimewaan Durian Sumberasri ?, Berani Gelar Festival Durian Dihadiri Khofifah Indar Parawansa

Kamis, 16 Februari 2023 | 16:38 WIB
header img
Warga Sumberasri Menjual Durian Sumberasri (Ridwan)

BLITAR, iNewsBlitar - Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar baru saja menggelar Festival Durian Sumberasri yang dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Desa Sumberasri menjadi salah satu sentra penghasil durian yang ada di Kabupaten Blitar.

 

Terletak di lereng Gunung Kelud sisi selatan menjadikan tanahnya berpasir. Hampir setiap rumah warga memiliki pohon durian yang usianya dari beberapa tahun hingga ratusan tahun. 

 

Warga Blitar bahkan warga di luar Blitar memiliki fanatisme terhadap durian Sumberasri. Membeli ke pemilik kebun atau membeli melalui beberapa pengepul sudah hal yang lumrah. Harganyapun bersaing tidak ada perbedaan yang mencolok.

 

"Saya tinggal di Blitar Selatan tidak ada durian, kalaupun ada biasanya dari Trenggalek yang rasanya juga berbeda dengan durian dari Sumberasri," ungkap Fenti salah satu Mahasiswi di Blitar.

 

Remaja Wanita Asli Bali ini rela mencari durian ke Sumberasri, karena cita rasa yang berbeda dengan durian yang biasanya ia makan. "Kalau dari Sumberasri itu rasanya manis pahit yang khas itu justru yang kita cari," tegasnya.


Fenti Mahasiswi asal Bali yang Tinggal di Blitar Berburu Durian Sumberasri (Ridwan)

Ada sekitar 20 ribu batang pohon durian yang dimiliki oleh warga Desa Sumberasri. Meski demikian, belum berbuah secara penuh. 

 

Setidaknya ada setengah jumlah pohon durian ini yang sudah menghasilkan buah. Satu pohon mampu menghasilkan puluhan buah durian. Puncak panen buah durian ada di Bulan Februari ini. 

 

"Belum berbuah semua, ini baru setengahnya saja," ungkap Kepala Desa Sumberasri, Seni Adi.

 

Adi menjelaskan, bahwa ada berbagai varietas durian yang ditanam warga Sumberasri. Varietas durian Sumberasri ini meliputi musangking, bawor, badjol, dan montong. 

 

Namun ada varietas durian yang memiliki rasa manis pahit dengan daging yang tebal. Varian ini banyak diburu warga karena rasanya yang dinilai tidak kalah dengan varian yang lainnya. Selain itu, harganya juga terjangkau oleh kantong.

 

Durian Sumberasri warga memberikan nama varietas durian ini. Warga meyakini bahwa durian ini akan memiliki rasa yang berbeda jika ditanam di daerah di luar Desa Sumberasri.

 

Tidak khayal Desa Sumberasri kini berani membuka Agro Wisata Buah Durian yang diresmikan pada Minggu (12/02/2023) lalu. Acara ini juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut