get app
inews
Aa
Read Next : Rumah Dinas Dirampok, Wali Kota Blitar, Istri dan Satpol PP Disekap

Penempelan Stiker Keluarga Miskin Bikin Ratusan Penerima Bansos di Blitar Mundur

Jum'at, 06 Januari 2023 | 08:20 WIB
header img
Ratusan keluarga penerima bansos di Kota Blitar memilih mundur daripada rumahnya ditempeli stiker keluarga tidak mampu. Ilustrasi bantuan sosial (bansos).(Foto: Ist)

BLITAR, iNewsBlitar – Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos) pemerintah di Kota Blitar Jawa Timur merasa tidak nyaman dengan penempelan stiker penerima bansos.

Banyak yang beralasan malu. Daripada tempat tinggal mereka ditempel stiker keluarga tidak mampu, mereka memilih melepaskan status sebagai KPM bansos.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Blitar Sugiyono mengatakan, hingga awal tahun 2023 tercatat ada sebanyak 223 KPM bansos yang menyatakan telah mengundurkan diri.

“Mereka menolak rumahnya ditempeli stiker. Memilih mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan,” ujar Sugiyono kepada wartawan.

Untuk kelancaran pelaksanaan program bansos, Pemkot Blitar melakukan pemasangan stiker di setiap tempat tinggal KPM. Stiker dengan redaksional “Keluarga ini Kurang Mampu dan Penerima Bansos” wajib ditempel di depan rumah.

Stiker rata-rata tertempel pada bagian depan rumah, terutama di atas pintu di mana siapapun yang bertamu akan mudah melihatnya. Mereka yang memasang stiker ini adalah keluarga yang secara berkala menerima bantuan beras sejahtera daerah (Rastrada).

Kemudian menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Adanya stiker itu sekaligus mencegah terjadinya penyaluran bansos yang tidak tepat sasaran.

Menurut Sugiyono, total target pemasangan stiker di rumah KPM bansos Kota Blitar sebanyak 16.500 rumah. Hingga awal tahun 2023, pemasangan stiker penerima bansos sudah mencapai 13.654 rumah. Pemasangan akan terus berjalan hingga tercapai target yang diharapkan.

Mereka yang menolak pemasangan stiker dan menyatakan mengundurkan diri dari KPM itu, kata Sugiyono ekonominya sudah berubah lebih baik. Atas pertimbangan itu, dinas sosial langsung mengabulkan permintaan pengunduran diri mereka. “Rata-rata kondisi ekonominya sudah meningkat lebih baik,” pungkasnya.

Editor : Solichan Arif

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut