get app
inews
Aa Read Next : Ini Saran PAN Kota Blitar untuk Pilkada agar Pemilu Luber Jurdil

Pemilihan RT di Kota Blitar, Berasa Pemilihan Presiden, Ini yang Dilakukan Para Pendukungnya

Minggu, 18 September 2022 | 18:24 WIB
header img
Warga Memberikan Selamat pada Ketua RT Terpilih di Kelurahan Tanjungsari, Kota Blitar

BLITAR, iNewsBlitar - Suasana pemilihan presiden nampak di lingkungan RT 2, RW 2 Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar yang menggelar pemilihan ketua RT, Minggu (18/09/2022). Ada lima calon yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua RT.

 

Konsep pemilihan ketua RT dibuat seperti pemilu, yakni pencoblosan langsung oleh warga. Warga datang ke TPS untuk memilih secara langsung calon yang mereka inginkan. "Kita buat pemilihan secara langsung, supaya warga dapat memilih calonnya sendiri, sebab kalau biasanya ditunjuk, sekarang kita pilih langsung," ungkap Ketua Pelaksana Pemilihan Ketua RT, Ahmad Busairi.

 

Pemilihan ketua RT ini juga dilengkapi alat pemungutan, seperti kertas suara, alat coblos, bilik suara, dan kotak suara. Tidak hanya itu, warga yang sudah menggunakan hak pilihnya diwajibkan memasukan jarinya ke tinta yang sudah disediakan oleh panitia pemungutan.

 

"Sebentar lagi kan akan ada pemilu, ini supaya warga tidak kaget nanti saat pelaksanaan pemilu, sekaligus untuk pendidikan demokrasi di lingkungan RT 2, RW 2 Kelurahan Tanjungsari," tegasnya. 

 

Usai proses pemilihan selesai juga dilanjutkan dengan penghitungan. Sudah menjadi kesepakatan warga siapapun yang menang akan diarak keliling kampung. 

 

Warga bersama-sama mengarak Ketua RT terpilih keliling kampung. Bahkan ketua RT sebelumnya juga ikut mengarak ketua RT baru yang terpilih bersama para calon RT yang lainnya. 

 

Nampak juga calon RT memberikan selamat pada ketua RT terpilih dengan cara mengguyur air layaknya perayaan ulang tahun. Wargapun tidak ketinggalan ikut mengguyur dengan air pada ketua RT terpilih sebelum diarak keliling kampung. 

 

Panitia pemilihan juga menyediakan door prize bagi warga yang datang ke tempat pemungutan suara. Ini dilakukan untuk meningkatkan minat warga pasta pesta demokrasi dalam skala kecil di Kelurahan Tanjungsari.

 

 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut