get app
inews
Aa Read Next : Kombinasi Pariwisata dan Budaya, Kota Blitar Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif

Profil Irjen Ferdy Sambo, Jenderal Bintang 2 Termuda Polri yang Rumahnya Jadi Lokasi Baku Tembak

Selasa, 12 Juli 2022 | 13:24 WIB
header img
Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (dok. Polri)

JAKARTA, iNewsBlitar.id - Nama Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mendapat sorotan publik usai baku tembak yang terjadi di rumahnya di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Jenderal Polri bintang 2 asal Toraja ini lulusan Akpol 1994 dan berpengalaman dalam bidang reserse. Irjen Ferdy lahir di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Dia naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen saat ditunjuk jadi Kadiv Propam Polri pada 16 November 2020. Ketika itu dirinya menjadi jenderal bintang 2 termuda karena masih berusia 48 tahun.


Foto: MNC Portal

 Kariernya di Polri melejit sejak dipromosikan dari Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat menjadi Kapolres Purbalingga, Jawa Tengah pada 2012. Setahun berselang Ferdy kembali dimutasi menjadi Kapolres Brebes. Tiga tahun di Jawa Tengah, Ferdy dimutasi menjadi Wadirreskrimum Polda Metro Jaya pada 2015. Kemudian pada tahun 2016 dia menjabat Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.

Sejumlah kasus besar pernah ditangani Ferdy, salah satunya mengusut bom Sarinah, Jakarta Pusat, pada 2016. Dia juga dipercaya memimpin penyidikan kebakaran Kejaksaan Agung serta ikut menyidik kasus penerbitan surat jalan palsu Djoko Tjandra. Ferdy dipercaya menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri pada 8 November 2019. Setahun berselang, Kapolri Jenderal Idham Azis mempromosikan Brigjen Ferdy Sambo menjadi Kadiv Propam Polri.

Kini, rumah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, tampak sepi pasca-baku tembak. Pintu pagar berwarna cokelat menutup rapat rumah dua lantai tersebut. Terlihat posisi rumah Irjen Ferdy tidak begitu jauh dari pos keamanan.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut