Logo Network
Network

Video Viral Diduga UFO Terbang di Malang, Peneliti Astronomi BRIN Ungkap Fakta Mengejutkan

Avirista Midaada
.
Sabtu, 18 Juni 2022 | 09:37 WIB
Video Viral Diduga UFO Terbang di Malang, Peneliti Astronomi BRIN Ungkap Fakta Mengejutkan
Peneliti Astronomi BRIN mengungkap video viral penampakan UFO hanyalah rekayasa aplikasi.Foto/tangkapan layar

MALANG, iNewsBlitar.id - Geger video yang diduga UFO di Malang yang beredar di media sosial pakar astronomi buka suara. Sang pakar astronomi menyebut video yang diunggah akun Tiktok @gbchannel87 sebagai sebuah rekayasa. Peneliti astronomi Pusat Riset Antariksa BRIN Thomas Djamaluddin mengungkapkan, berdasarkan analisis darinya video itu memang terlihat dinarasikan sedemikian rupa dan diatur.

"Tampak kesengajaan meliput langit berawan, lalu muncul objek tidak dikenal, narasinya cenderung kebetulan yang diatur. Saya menduga itu video rekayasa," kata Thomas Djamaluddin, saat dihubungi MNC Portal, pada Jumat malam (17/6/2022).

Menurutnya, video serupa juga beberapa kali terjadi di belahan daerah di Indonesia yang diatur dengan aplikasi khusus. Ia sendiri menemukan adanya aplikasi yang bisa menampakkan foto UFO atau alien. "Video rekayasa dengan editting atau menggunakan suatu aplikasi. Dulu ada aplikasi foto yang menampakkan UFO atau alien. Mungkin sekarang ada aplikasi sejenis untuk video," ucap pria yang dulu menjadi Kepala Lapan tersebut.

Dirinya menegaskan sejauh ini fenomena UFO dalam ilmu pengetahuan masih belum bisa dibuktikan secara nyata atau sifatnya pseudoscience, yang berarti sains semu. Maka ia meminta masyarakat agar tidak mudah percaya begitu saja dengan narasi - narasi adanya UFO dan alien.

 

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini