get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Bingung Produksi ASI hanya Sedikit, Begini Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:32 WIB
header img
Ada beberapa cara alami untuk bisa memperbanyak ASI bagi ibu menyusui.(Sumber/Freepik)

BLITAR, iNewsBlitar.id - Seorang ibu yang baru saja melahirkan, tentu saja memiliki komitmen untuk memberikan ASI ekslusif untuk sang anak. Namun, tak jarang bagi setiap ibu masih kesulitan untuk melakukan hal tersebut, karena produksi ASI nya belum melimpah atau ASI yang dikeluarkan sangat sedikit.

Beragam cara bisa dilakukan agar ASI yang dikeluarkan bisa banyak dan melimpah. Ada yang menerapkan cara cara alami, dan ada juga yang mengkonsumsi berbagai vitamin atau obat obatan agar produksi ASI bisa melimpah.

Kondisi ini biasanya sering membuat para ibu merasa panik dan kebingungan. Nah, berikut ini ada beberapa rangkuman tentang cara alami untuk memperbanyak produksi ASI dan bisa memberikan ASI eksklusif untuk sang bayi.

 

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa sekitar 75 persen ibu baru mulai menyusui bayinya. Namun, banyak yang berhenti baik sebagian atau seluruhnya dalam beberapa bulan pertama. Salah satu alasan paling umum untuk ini adalah kekhawatiran tentang produksi ASI yang tidak mencukupi.

Bagi banyak wanita, persediaan ASI Anda baik-baik saja. Namun, jika memang perlu meningkatkan produksi ASI, ada beberapa cara untuk melakukannya. Sementara berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan suplai ASI tergantung pada seberapa rendah suplai Anda untuk memulai dan apa yang berkontribusi terhadap produksi ASI Anda yang rendah. 

 

1. Menyusui Lebih Sering

Sering-seringlah menyusui dan biarkan bayi Anda memutuskan kapan harus berhenti menyusu. Saat bayi menyusu, hormon yang memicu payudara Anda untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Itulah refleks let-down. Refleks let-down adalah ketika otot-otot di payudara Anda berkontraksi dan menggerakkan ASI melalui saluran, yang terjadi segera setelah bayi Anda mulai menyusui. Semakin banyak Anda menyusui, semakin banyak ASI yang dihasilkan payudara Anda. Menyusui bayi baru 8 hingga 12 kali sehari dapat membantu membangun dan mempertahankan produksi ASI. Tetapi ini tidak berarti bahwa lebih banyak atau lebih sedikit menyusui menunjukkan adanya masalah. 

 

2. Istirahat 

 

Cara memperbanyak ASI juga bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup. Anda bisa beristirahat sambil bersantai bersama bayi atau mengurangi kegiatan di luar rumah. Selain itu, hindari rokok dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI.

 

3. Hindari Cemas

 

Ibu menyusui juga disarankan untuk tidak cemas. Jika fisik dan mental serta mengonsumsi makanan sehat, Anda dapat memproduksi ASI. Begitu juga dengan kondisi bayi. Selama bayi baik-baik saja, dia akan terus mengonsumsi ASI.

 

4. Kelola Stres 

 

Selama masa menyusui, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Stres mungkin tidak mengurangi produksi ASI, tapi dipercaya dapat menghambat proses keluarnya ASI.

 

5. Bertukar Informasi 

 

Saling bertukar informasi pengalaman dengan sesama ibu menyusui juga menjadi cara memperbanyak ASI. Bahkan menjadi semangat agar berhasil memberikan ASI eksklusif untuk bayi. 

 

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut