get app
inews
Aa Read Next : Kelahiran Prematur Cabut Nyawa 85 Bayi di Blitar

Awas Meski Segar, Buah Berikut Tak Boleh Dikonsumsi Sembarangan Ibu Hamil

Kamis, 01 Januari 1970 | 07:00 WIB
header img

BLITAR, iNewsBlitar.id - Saat sedang hamil, pola makan buah harus lebih diatur dengan baik. Sebab ada beberapa jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh perempuan hamil. Meski dasarnya buah bernutrisi tinggi, faktanya ada beberapa jenis yang justru fatal jika dimakan oleh ibu hamil.

Pada dasarnya buah-buahan adalah makanan baik yang penting untuk dikonsumsi setiap hari, salah satunya demi memenuhi kebutuhan serat untuk sistem pencernaan sehat. Mengonsumsi buah-buahan juga membantu tubuh mendapatkan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya. 

Berikut jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil, dirangkum iNews.id dari berbagai sumber : 

 

1. Labu Kuning     

Labu kuning untuk perempuan yang sedang diet memang sangat disarankan. Labu bisa menjadi pengganti nasi dan lebih aman. Namun untuk ibu hamil, labu kuning tidak disarankan mengandung risiko bakteri listeria.

 

2. Anggur

Buah yang dilarang untuk ibu hamil pada masa trimester pertama adalah anggur. Saat itu fisik bayi sedang terbentuk dan beberapa ahli menyarankan ibu hamil untuk tak mengonsumsi anggur. Meski anggur mengandung vitamin A dan C tinggi, tapi di sisi lain kulit anggur tinggi akan senyawa yang disebut resveratrol, yang bisa menjadi racun bagi ibu hamil. 

Resveratrol dapat bereaksi dengan kadar hormon yang tidak proporsional yang mungkin dimiliki perempuan hamil.  Sebuah penelitian menemukan bahwa monyet hamil yang diberi suplemen resveratrol terlihat pankreas bayinya berkembang secara tidak teratur. Selain itu anggur bisa memicu sembelit karena kulitnya sulit dicerna.

 

3. Pepaya Muda/Setengah Matang

Buah yang dilarang untuk ibu hamil adalah pepaya mentah atau setengah matang. Pepaya jika tak matang akan tinggi lateks, yang mendorong kontraksi awal rahim bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Selain itu, pepaya mentah atau setengah matang juga mengandung banyak papain. Salah satu efek sampingnya, bisa memicu persalinan dini. Hindari makanan atau hidangan yang mengandung pepaya mentah atau setengah matang (yang memiliki kulit benar-benar hijau), seperti salad pepaya hijau atau smoothie pepaya yang mengandung biji pepaya.

 

4. Nanas

Buah tropis yang segar ini sayangnya tak cocok untuk ibu hamil. Nanas diketahui mengandung bromelain, enzim yang memecah protein. Salah satu efek sampingnya adalah bromelain dapat melunakkan serviks, yang bisa menyebabkan persalinan dini. Studi juga menunjukkan bahwa tablet bromelain sangat ampuh dalam memecah protein bahkan dapat menyebabkan pendarahan yang tidak teratur loh.

Editor : Edi Purwanto

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut