get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Ketika Orang Inggris dan Prancis Minta Ampun ke Orang Indonesia

Kamis, 24 Februari 2022 | 18:38 WIB
header img

BLITAR, iNewsBlitar.id - KH Abdurahman Wahid semasa hidup dikenal sebagai ulama karismatik dan memiliki sejuta humor. Gaya humornya khas dan unik bisa membuat siapa saja tergelak ketawa.Di balik guyonannya itu, Gus Dur menyimpan sindiran. Salah satunya adalah humor soal jin dan mental orang Indonesia.

"Ada orang Indonesia yang naik kapal. Kapalnya tenggelam tinggal batang kayu yang besar. Di situ ada orang Prancis dan Inggris," ujar Gus Dur seperti dikutip dari Instagram @ulama.nusantara, Kamis (24/2/2022).

Ketiga orang itu berasal dari Indonesia, Prancis, dan Inggris. Akibatnya, mereka pun kedinginan. Tiba-tiba ada sebuah botol yang melewati mereka. Mereka pun kemudian mengambilnya. Di dalam botol tersebut ada jin Aladin yang siap mengabulkan setiap permintaan penemunya.

"Ketika diambil, ternyata di dalamnya ada jinnya, jin Aladin. Masing-masing boleh mengajukan satu permintaan," kata Gus Dur. Awalnya, orang Inggris ingin kembali ke London, karena di kota itulah ia tinggal dan istrinya pun berada di sana. Lalu jin mengabulkan permintaannya. Orang Inggris itu pun langsung hilang. 

Dilanjutkan dengan permintaan orang Prancis. Ia meminta dikembalikan ke Paris karena keluarga, teman dan pekerjaannya berasal dari kota tersebut. Sama seperti orang Inggris, permintaan orang Prancis itu pun dikabulkan lalu ia menghilang.

"Nah ganti orang Indonesia kan, lantas gimana?" ucapnya.

Gus Dur mengatakan, orang Indonesia malah meminta hal lain, beda dengan kedua kawannya itu. Ia berkata kepada jin Aladin; "Di sini loh kok sepi. Kembalikan yang tadi,"

"Kumpul lagi haha... Itu mentalnya orang Indonesia," tutur Gus Dur. iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut