get app
inews
Aa Read Next : Gempa Buleleng M 4,4 Hari ini Kejutkan Warga Pulau Dewata

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Es Terjadi Hingga April 2022

Rabu, 23 Februari 2022 | 14:27 WIB
header img
Masyarakat Indonesia wajib mewaspadai, potensi hujan es bakal terjadi hingga April 2022. (Sumber/dok iNews TV/Rahmat Ilyasan)


BLITAR, iNewsBlitar - Prakirawan BMKG menyebut hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit. Fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektivitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

"Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar," terang BMKG melalui akun Twitter resminya @infoBMKG, mengutip sindonews, Rabu 23 Februari 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan es pada Maret hingga April 2022. Kejadian hujan es sebelumnya telah terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia seperti Surabaya, Lampung, Bekasi, dan wilayah lainnya. 

"Kejadian cuaca ekstrem berupa fenomena hujan es telah terjadi dalam sepekan ini di beberapa wilayah seperti Surabaya, Lampung, Bekasi, dan wilayah lainnya. Kejadian tersebut disertai juga dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat/petir dan angin kencang," tulis BMKG 

Masih menurut BMKG, besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk di puncak awan Cb tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es.
 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut