get app
inews
Aa Read Next : 6 Negara dengan Durasi Puasa Ramadhan Terlama, Nomor 5 Cetak Rekor Nyaris Sehari Semalam

Pilih Rokok atau Vape? Ternyata Lebih Berbahaya Vape, Ini Penjelasannya

Sabtu, 05 Februari 2022 | 18:04 WIB
header img

BLITAR, iNewsBlitar.id - Saat ini banyak anak muda yang menggunakan vape, bahkan vape atau rokok elektrik menjadi trend baru di kalangan anak muda. Baik laki-laki maupun perempuan lebih nyaman menghisap vape yang memiliki banyak varian rasa daripada rokok.

Lalu bagaimana efek vape bagi kesehatan? Apakah lebih sehat daripada rokok konvensional?. Mengingat vape tidak menggunakan tembakau sebagai bahan utamanya.

Ketika dihubungi melalui pesan Whatsapp, dr.Gandhi Estrada Atmanto, Sp.P menjelaskan bahwa baik vape maupun rokok sama bahayanya bagi kesehatan. Bahkan relatif lebih berbahaya vape ketimbang rokok.

"Sama buruknya (rokok dan vape), karena ada residu racun yang berupa gas & zat-zat padat yang berpotensi tertimbun/menumpuk di saluran napas & paru, apabila dlm jangka waktu yg lama. Residu racun itulah yg nantinya berpotensi merusak saluran napas dan paru-paru dengan segala konsekuensi gejala-gejalanya," kata dokter Spesialis Paru ini.

Dokter yang buka praktek di RSI Aminah Blitar ini menambahkan, secara jumlah, kandungan zat kimia yang bersifat racun lebih banyak vape daripada rokok biasa. "Sama berbahayanya, tapi klo dilihat dari segi jumlah kandungan zat racun (nikotin dan lain-lain) relatif lebih berbahaya vape," tutupnya. iNews Blitar

Editor : Edi Purwanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut