get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tetapkan Malaikat Penjaga Kubur Perusak Makam di Blitar sebagai Tersangka

Heboh, Penemuan Nisan Kuno di Palembang

Jum'at, 28 Januari 2022 | 15:02 WIB
header img
Penemuan Nisan Kuno Bertulisakan Arab di Palembang

PALEMBANG, iNewsBlitar.id - Enam nisan kuno bertuliskan huruf Arab ditemukan di Palembang. Nisan-nisan kuno tersebut ditemukan saat penggalian di kawasan Pasar 16 Ilir, untuk kepentingan pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

 

Di keenam nisan tersebut tertulis angka tahun abad ke 18 dan awal abad 19 masehi. Diduga nisan kuno itu berasal dari Kesultanan Palembang Darussalam.

 

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, masih menunggu zuriat dan catatan sejarahnya. "Pada nisan kuno itu juga ada nama dan tahunnya. Kami harapkan, akan dapat mengungkap asal usul atau sejarah nisan kuno itu," tuturnya.

 

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Agus Rizal mengatakan, saat ini nisan-nisan kuno tersebut ditempatkan di Museum Sultan Mahmud Badarudin II Kota Palembang, sambil menunggu proses pengkajian sejarahnya.

 

"Kami masih menunggu hasil kajian dari arkeolog dan BRIN, untuk mengetahui secara pasti sejarahnya. Apabila ada keturunannya dan menginginkan dipindahkan makamnya, maka akan kami pindahkan. Tetapi kalau tidak, nantinya bisa ditempatkan di museum," ungkapnya.

Editor : Robby Ridwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut