get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Tips Sehat Mudah Cukup Konsumsi 5 Makanan Ini Kolesterol Lewat !

Jum'at, 14 Januari 2022 | 06:31 WIB
header img
Ilustrasi (sindonews.com)

BLITAR, iNews.id - Serangan jantung dan stroke biasanya disebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh seseorang. Banyak orang kemudian memilih obat penurun kolesterol ketika kolesterol mereka kambuh. Tapi, kolesterol sebenarnya bisa diturunkan menggunakan herbal alami.

 

 

 

Beberapa produk herbal telah diteliti dan menghasilkan cukup bukti dapat mengurangi kolesterol secara klinis. Dikutip dari laman Okezone.com

 

 

 

Berikut lima herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bawang putih Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis.

 

 

 

1. Beras ragi merah. Beras ragi merah adalah obat tradisional Tiongkok sekaligus sebagai bahan masakan. Sesuai dengan namanya, beras ragi merah dibuat dengan membudidayakan beras merah dengan ragi. Beras ragi merah mengandung monacolin K. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

 

 

 

2. Flax seed atau biji rami Biji rami berasal dari tanaman rami. Baik biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi yang merupakan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

 

 

 

3. Minyak ikan dengan asam lemak omega-3 Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya. Para ahli percaya bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kombinasi nutrisi tersebut dan asam lemak omega-3, dapat membantu melindungi jantung.

 

 

 

4. Suplemen tanaman sterol dan stanol Sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan sterol atau stanol, seperti margarin yang diperkaya, jus jeruk, atau produk yogurt. Sterol dan stanol tanaman dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Zat ini membantu mencegah usus kecil menyerap kolesterol. Kabar baiknya, zat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah.

 

 

 

5. Bawang putih Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut