get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Chikungunya ^Hantui^ Warga Kota Blitar

Rabu, 12 Januari 2022 | 17:02 WIB
header img
Puskesmas Sananwetan Fogging di Lingkungan Warga (Foto iNews Blitar)

BLITAR, iNews.id Berdasarkan data kader Jumantik Kelurahan Sananwetan, Kota Blitar ditemukan tujuh kasus chikungunya. Tidak hanya chikungunya, musim penghujan saat ini juga rentan penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

 

Kedua penyakit ini disebarkan oleh nyamuk. Warga yang terkena DBD maupun chikungunya telah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

 

Koordinator Kader Jumantik Kelurahan Sananwetan, Siti Nurhasanah mengatakan, akibat temuan kasus DBD dan chikungunya warga setempat meminta agar dilakukan fogging oleh Puskesmas Sananwetan.

 

"Warga merasa resah karena ada temuan kasus. Kemudian mereka meminta untuk dilakukan fogging," tutur Siti Nurhasanah, Rabu (12/1/2022).

 

 

Siti menambahkan, meski telah mengfogging, warga diminta untuk meningkatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). "Warga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan, khususnya ketika memasuki musim hujan untuk menghindari adanya jentik nyamuk," ungkapnya. 

 

Dijelaskannya, fogging itu hanya membunuh induk nyamuk, sedangkan untuk jentiknya dan telur tetap hidup. "Untuk itu kami meminta agar warga meningkatkan PSN. Kami sudah meminta ketua RT untuk menggalakan kerja bakti membersihkan lingkungan saat musim hujan," ungkapnya. iNews Blitar

 

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut