get app
inews
Aa Read Next : Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Berikut niat, dan Tata Cara Puasa Syawal, Simak sampai Habis

Kampung Kuliner Belimbing Karangsari Wakili Kota Blitar dalam Festival Dewi Cemara 2022

Senin, 07 November 2022 | 19:20 WIB
header img
Kampung Kuliner Belimbing Kota Blitar kenalkan produk unggulan dalam Festival Dewi Cemara 2022

BLITAR, iNewsBlitar.id - Festival Dewi Cemara 2022 yang menjadi ajang berjejaring dan kemitraan antar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta pengelola Desa Wisata kembali di gelar di Trenggalek selama tiga hari. Festival Dewi Cemara 2022 digelar sejak Jum'at (4/11/2022) hingga Minggu (6/11/2022) di Anjungan Cerdas Trenggalek, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. 

Festival Dewi Cemara juga memberikan Penghargaan Dewi Cemara kepada 10 Desa Wisata yang telah melakukan pengelolaan serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam Festival bergengsi di ranah Pokdarwis & Desa Wisata se Jawa Timur itu juga dihadiri Kampung Kuliner Belimbing Kota Blitar.

Asna Rosida, ketua Paguyuban UMKM Kota Blitar mengungkapkan jika pihaknya turut berpartisipasi dalam Festival Dewi Cemara karena ingin memblow up produk-produk Kampung Kreatif di Kota Blitar yang sempat mati suri akibat pandemi Covid. Beberapa produk yang dikenalkan dalam Festival Dewi Cemara mulai dari produk kuliner aneka crepes belimbing, sirup belimbing, sambal belimbing serta olahan belimbing lainnya. 

''Tujuan utama kami ketika mendapat informasi terkait festival tersebut adalah ingin memblow up produk-produk Kampung Kreatif yang sempat mati suri akibat pandemi Covid. Disana kami membawa sejumlah produk olahan belimbing seperti aneka crepes, sirup belimbing, sambal belimbing serta bentuk olahan Kampung Kreatif lainnya,'' terang Asna Rosida.


Produk unggulan Kampung Kuliner Belimbing merupakan olahan buah Belimbing

Dalam festival yang diikuti oleh berbagai pelaku wisata dari Jawa Timur, Kampung Kuliner Kota Blitar juga melakukan pengenalan produk melalui leaflet yang dibagikan dan juga melakukan komunikasi secara langsung untuk dapat berjejaring dengan pelaku wisata lainnya.

Asna Rosida, yang juga menjadi perintis sekaligus sekretaris Kampung Belimbing Karangsari pertama kali mendapatkan informasi Festival Dewi Cemara 2022 dari pengumuman yang diberikan oleh Dinas Pariwisata Kota Blitar. Adanya keinginan yang kuat untuk mengenalkan Kampung Kuliner Belimbing Kota Blitar, pihaknya mengaku langsung mendaftarkan kelompoknya dalam Festival Dewi Cemara 2022.

Pihaknya juga menambahkan, meskipun belum berhasil meraih penghargaan Dewi Cemara, kelompoknya tetap bersemangat  karena dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Adanya event ini juga menjadi pengalaman tersendiri bagi penglola Kampung Kuliner Belimbing karena adanya peserta yang hadir dapat menjadi saran berbagi strategi dari Desa Wista yang telah maju, serta yang tidak kalah penting event ini dapat menjadi ajang promosi Kampung Kuliner Belimbing Kota Blitar.

"Meskipun kami belum berhasil meraih penghargaan, kami tetap bersemangat  karena bisa berpartisipasi dalam acara ini. Adanya event ini juga menjadi pengalaman tersendiri bagi kami karena dapat berbagi strategi dari Desa Wista yang telah maju, juga yang tak kalah penting karena event ini dapat menjadi ajang promosi Kampung Kuliner Belimbing Kota Blitar,'' tutup Asna Rosida. Adv

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut