get app
inews
Aa Read Next : Nasib Tragis Sultan Hamengkubuwono II, Raja Jawa yang Dimakzulkan dan Dijarah Istananya

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Para Pemimpin Amerika Kenang Kehangatan Sang Ratu

Jum'at, 09 September 2022 | 07:32 WIB
header img
Para pemimpin Amerika Serikat mengenang kehangatan Ratu Elizabeth II (Foto: 10 Downing Street)

INGGRIS,iNewsBlitarRatu Elizabeth II atau Queen Elizabeth yang sempat menjalani perawatan intensif di Balmoral Skotlandia, akhirnya tutup usia. Ratu Elizabeth II dinyatakan telah meninggal dunia.

Para pemimpin dan pejabat dunia memberikan penghormatan kepada Ratu Inggris yang wafat pada usia 96 tahun itu.

Mereka menghormati rasa tanggung jawab Ratu yang dalam dan ketangguhannya memerintah Inggris selama 70 tahun, serta selera humor dan kebaikan sang Ratu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memimpin tribute atau penghormatan, mengingat “seorang ratu yang baik hati” yang merupakan “teman Prancis”.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan Ratu telah ”memikat dunia” dengan pemerintahan yang ditentukan oleh keanggunan, keanggunan dan etos kerja yang tak kenal lelah".

“Berkali-kali, kami dikejutkan oleh kehangatannya, cara dia membuat orang merasa nyaman, dan bagaimana dia membawa banyak humor dan pesonanya ke saat-saat kemegahan dan keadaan yang luar biasa,” kata Obama, yang bertemu Ratu dalam beberapa kesempatan dalam sebuah pernyataan, dikutip BBC.

Presiden AS saat ini Joe Biden - yang pertama kali bertemu Yang Mulia 40 tahun lalu - menggambarkannya sebagai “lebih dari seorang raja - dia mendefinisikan sebuah era”.

Mengingat kunjungannya ke Inggris pada 2021 sebagai presiden, Biden mengatakan Ratu telah mempesona kami dengan kecerdasannya, menggerakkan kami dengan kebaikannya, dan dengan murah hati membagikan kebijaksanaannya kepada kami”.

Ratu Elizabeth II bertemu dengan 14 presiden AS selama masa pemerintahannya.

Sementara itu, mantan Presiden AS Donald Trump mengatakan dia “tidak akan pernah melupakan persahabatan Yang Mulia, kebijaksanaan yang luar biasa, dan selera humor yang luar biasa”.

“Betapa agung dan cantiknya dia - tidak ada yang seperti dia!” tulis mantan presiden itu di platform online-nya, Truth Social.

Mantan Presiden AS lainnya, George W Bush, mengenang saat-saat yang ia habiskan untuk minum teh bersama Yang Mulia dan anjing kesayangannya. Dia menggambarkan “kecerdasan, pesona, dan kecerdasannya yang luar biasa”.

Kanada - tempat Ratu Elizabeth menjadi kepala negara - telah memiliki 12 perdana menteri (PM) selama masa pemerintahannya.

PM Kanada Justin Trudeau yang emosional mengatakan dia memiliki “cinta yang mendalam dan abadi untuk orang Kanada”.

“Di dunia yang rumit, keanggunan dan tekadnya yang mantap membawa kenyamanan bagi kita semua,” terangnya.

Dia menyatakan dirinya akan merindukan “obrolan” mereka di mana dia “bijaksana, bijaksana, ingin tahu, suka membantu, lucu, dan banyak lagi” .

“Dia adalah salah satu orang favorit saya di dunia, dan saya akan sangat merindukannya,” katanya sambil menahan air mata.

Editor : Solichan Arif

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut