Logo Network
Network

Gigi Anda Menguning? Berikut ini Cara Putihkan Gigi Secara Alami

Qithfirul
.
Kamis, 02 Juni 2022 | 20:15 WIB
Gigi Anda Menguning? Berikut ini Cara Putihkan Gigi Secara Alami

Warna kuning pada gigi sering menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Selain menciptakan kesan kurang menjaga kebersihan, hal tersebut juga dapat menyebabkan banyak kuman dan bakteri bersarang.

Salah satu penyebab pasti gigi menguning diantaranya karena bertambahnya usia. Hal itu diakibatkan oleh menipisnya lapisan enamel luar pada gigi, sehingga dentin kekuningan dibawahnya semakin terlihat.

Dentin sendiri merupakan lapisan kedua dari jaringan di bawah email luar gigi. Sehingga untuk memutihkan kembali gigi yang menguning masih sangat mungkin untuk dilakukan.

Dilansir dari Healthline, Senin (30/5/2022), berikut iNews Blitar sajikan tips memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami:

1. Tetap Rutin Sikat Gigi

Gigi yang putih akan tetap tidak terlihat indah jika tidak bersih. Tetap menggosok gigi 2 kali sehari menjadi hal mutlak yang harus Anda lakukan untuk memutihkan gigi.

Pilih pasta gigi yang mengandung 'whitening' dan teknik menyikat gigi pun perlu diperhatikan agar hasil maksimal. 

Lakukan penyikatan gigi dengan lembut dan pastikan semua area gigi tersikat. Ini penting agar kesehatan gigi Anda tetap terjaga.

"Studi yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa sikat gigi dengan pasta pemutih terbukti secara ilmiah dapat memutihkan gigi. Pasta gigi pemutih biasanya mengandung bahan abrasif ringan yang berfungsi merontokkan noda kuning di permukaan gigi," terang laporan Healthline.

2. Pakai Soda Kue dan Hidrogen Peroksida

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung soda kue dan hidrogen peroksida untuk menciptakan tampilan gigi lebih putih. Pasta gigi jenis ini sejatinya bisa Anda buat sendiri di rumah. 

Jadi, campurkan 1 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Pakai pasta gigi tersebut secara rutin, lalu jangan lupa kumur-kumur agar pasta terbilas sempurna dengan air bersih.

"Studi 2012 menunjukkan, orang yang menggunakan pasta gigi terbuat dari soda kue dan hidrogen peroksida tampilan giginya lebih putih setelah 6 minggu pemakaian," ungkap laporan itu.

3. Minyak Kelapa

Jangan membayangkan minyak kelapa dioles ke gigi, tapi pakai minyak kelapa untuk kumur-kumur. Tenang, takarannya tidak 100 persen minyak kelapa melainkan cukup 1-2 sendok teh minyak kelapa dicampurkan dengan air hangat 1 gelas. 

Jangan sampai tertelan, ya.

4. Cuka Apel

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel Selain pakai minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan cuka apel yang dilarutkan untuk memutihkan gigi. 

Campurannya adalah 2 sendok teh cuka apel, dilarutkan dalam 1 gelas air hangat. Kumur selama 30 menit dan buang. Sikat gigi seperti biasa setelahnya.

5. Kulit Lemon, Jeruk, atau Pisang

Beberapa orang bahkan memutihkan gigi dengan kulit lemon, jeruk, atau pisang. Teknik yang terdengar aneh memang, tapi dipercaya cukup ampuh memutihkan gigi. 

Penelitian ilmiah membuktikan kulit buah dipercaya dapat membuat gigi lebih putih walau efeknya tidak signifikan.

6. Arang

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel salah satunya dengan pasta gigi mengandung arang. Arang tak hanya memutihkan gigi, tetapi juga membuang bakteri dan racun di gigi pun area mulut. 

Secara ilmiah, arang terbukti memutihkan gigi dalam 4 minggu pemakaian. Pasta gigi yang mengandung arang tetap efektif memutihkan gigi.

7. Makan Buah dengan Kandungan Air yang Tinggi

Rutin mengonsumsi buah tidak hanya menyehatkan badan, tapi juga memutihkan gigi. Mengunyah buah dengan kandungan air yang tinggi membantu menghilangkan partikel makanan yang menempel di gigi dan menghilangkan asam berbahaya.

Itulah cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami. iNews Blitar

Editor : Robby Ridwan

Follow Berita iNews Blitar di Google News

Bagikan Artikel Ini